Polisi Tangkap Pengebom New York

Nur Azizah    •    Selasa, 20 Sep 2016 00:31 WIB
ledakan new york
Polisi Tangkap Pengebom New York
Warga New York melihat lokasi ledakan di distrik Chelsea, Manhattan, New York, 17 September 2016. (Foto: Reuters)

Metrotvnews, New York: Polisi menangkap Ahmad Khan Rahami, 28, dia diduga sebagai orang yang bertanggungjawab dalam pengeboman yang terjadi di distrik Chelsea, Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS). 

Dia ditangkap setelah adanya baku tembak dengan dua aparat polisi di Linden, New Jersey, Senin, 19 September 2016 waktu setempat.

Dalam cuplikan video yang beredar di media sosial, Rahami tampak ditandu. Tangan kanannya terlihat terluka karena tembakan.

Dalam video bersurasi 12 detik itu, Rahami terlihat dalam keadaan sadar. Beberapa kali Rahami menggerakan kepalanya ke kanan dan ke kiri.

Rahami merupakan warga negara Amerika Serikat naturalisasi asal Afghanistan. FBI telah menetapkan Rahami sebagai tersangka dalam pemboman hari Sabtu di Manhattan.


Ahmad Khan Rahami. Foto: Reuters.

Sebelumnya bom dua kali meledak di New York. Ledakan pertama di kawasan Chelsea, New York, pada Sabtu malam. Ledakan tersebut melukai 29 orang. Bunyi ledakan memekakkan telinga hingga beberapa blok dari distrik perbelanjaan populer, Manhattan. Di waktu hampir bersamaan, sembilan orang ditusuk di St. Cloud, Minnesota, 2.100 km dari lokasi ledakan.

Belum ada kelompok militan internasional yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan di New York. Juga belum ada yang bertanggung jawab atas bom kedua dalam panci masak-bertekanan tinggi (pressure-cooker) yang ditemukan empat blok dari sumber ledakan pertama. 

Sebelumnya, bom dengan perangkat serupa meledak di sepanjang rute lomba lari, New Jersey pada Sabtu 17. Gubernur New York,  Andrew Cuomo yakin rentetan peristiwa tersebut adalah aksi teror. (BBC)


(DEN)