Debat Cawapres AS 2016

Tim Kaine Giat Belajar Jelang Debat Cawapres AS

Arpan Rahman    •    Selasa, 04 Oct 2016 18:03 WIB
pemilu as
Tim Kaine Giat Belajar Jelang Debat Cawapres AS
Senator Tim Kaine menonton debat Clinton-Trum di televisi rumahnya, 27 September 2016. (Foto: Twitter/@timkaine)

Metrotvnews.com, Washington: Saat Mike Pence menonton langsung debat Donald Trump dengan Hillary Clinton sepekan lalu, Tim Kaine memilih duduk di kursi nyaman di rumahnya. 

Mengenakan kaus santai, celana jean dan sepatu tenis, Kaine menonton debat Trump-Clinton di layar televisi. Ia mengaku ingin mempelajari segala aspek dalam debat sebagai persiapannya menghadapi Pence. 

"Saya akan berada di kursi saya dan menulis di buku catatan, karena saya harus mempersiapkan diri untuk debat," kata Kaine pada 27 September. 

"Selagi sebagian besar dari kalian bertepuk tangan atau berteriak-teriak, saya akan menulis di buku catatan saya dan mempelajarinya," sambung dia, dalam artikel NBC News, Senin (3/10/2016). 

Menjadi cawapres dari Partai Demokrat, Kaine akan menghadapi Pence yang merupakan pendamping capres Trump dari Partai Republik pada 4 Oktober atau Rabu 5 Oktober besok waktu Indonesia di Longwood University, Virginia.


Persiapan debat cawapres AS di Longwood University. (Foto: AFP)

Kaine tidak main-man. Lima hari menjelang debat cawapres, dirinya menolak semua acara publik dan memilih mempersiapkan diri bersama staf tim kampanye Clinton. Kaine dan tim kampanye mempersiapkan segala sesuatunya di sebuah hotel mewah di Cary. 

"(Persiapannya) intens, tapi saya tetap tenang," ujar Kaine, usai menghadiri misa di sebuah gereja pada akhir pekan kemarin. "Semuanya berjalan seperti biasa," sambung dia. 

Juru bicara Kaine, Karen Finley, mengatakan sang cawapres mengikuti jejak Clinton dalam hal persiapan. "Dia melakukan apa yang perlu dilakukan -- seperti yang dilakukan Hillary -- yaitu belajar dengan giat," tutur Finley.

Sebelum menjadi gubernur dan senator untuk Virginia, Kaine mengaku pernah terlibat debat sengit. Namun untuk debat cawapres, Kaine mengaku akan sedikit berbeda karena kali ini harus berargumen atas nama Clinton. 

"Jika saya berbicara terlalu banyak mengenai Tim Kaine, maka itu hanya membuang-buang waktu. Ini semua mengenai pertarungan kepresidenan antara Clinton dan Trump," ungkap dia.


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA