PBB: 1,4 Juta Warga Haiti Butuh Bantuan Internasional

Willy Haryono    •    Selasa, 11 Oct 2016 09:57 WIB
badai matthew
PBB: 1,4 Juta Warga Haiti Butuh Bantuan Internasional
Seorang wanita beraktivitas di lokasi terkena imbas Badai Matthew di Les Cayes, Haiti, 10 Oktober 2016. (Foto: AFP/HECTOR RETAMAL)

Metrotvnews.com, New York: Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon meminta adanya "respons masif" dari komunitas internasional untuk membantu Haiti yang menghadapi krisis kemanusiaan setelah dihantam Badai Matthew.

Badai Matthew menewaskan sedikitnya 372 orang di Haiti. Jumlah korban diperkirakan melonjak setelah tim gabungan berhasil mencapai beberapa area terpencil yang sebelumnya tertutup.

Matthew merobohkan rumah, mencemari sumber air dan membunuh hewan ternak. Warga Haiti menjerit meminta adanya bantuan darurat.

Lebih dari 300 sekolah juga rusak parah, begitu juga dengan tanaman pangan dan persediaan makanan.  

Kepala Agensi Kemanusiaan PBB Stephen O'Brien mengatakan Matthew telah memicu krisis terburuk di Haiti sejak terjadinya gempa bumi dahsyat pada 2010.

PBB telah mengajukan permohonan penggalangan dana dari komunitas internasional sebesar USD120 juta untuk kebutuhan Haiti tiga bulan ke depan.

"Respons masif sangat dibutuhkan. Beberapa kota dan desa benar-benar hilang dari peta," kata Ban, seperti dilansir AFP, Senin (10/10/2016).

"Angka-angka tersebut terus bertambah karena banyak area yang sudah dapat dicapai petugas," sambung dia.

Setelah menghantam Haiti pada 4 Oktober, Matthew yang merupakan badai Kategori 4 melanda Amerika Serikat bagian tenggara dan menewaskan sedikitnya 20 orang.


(WIL)

OKI Didesak Turun Tangan Mengatasi Tragedi Al Aqsa

OKI Didesak Turun Tangan Mengatasi Tragedi Al Aqsa

5 hours Ago

OKI diharapkan aktif menghimpun kekuatan negara-negara lain di dunia untuk menghentikan tindakan…

BERITA LAINNYA