Dua Ajudan Gedung Putih Mengundurkan Diri

Arpan Rahman    •    Minggu, 11 Feb 2018 15:33 WIB
donald trumppemerintahan as
Dua Ajudan Gedung Putih Mengundurkan Diri
Gedung Putih di Washington, AS. (Foto: AFP / Mandel Ngan)

Washington: Seorang penulis naskah pidato Gedung Putih mengundurkan diri di tengah tuduhan kasus kekerasan dalam rumah tangga. Sebelumnya, satu ajudan lainnya juga mengundurkan diri atas hal serupa. 

David Sorensen mundur setelah mantan istrinya, Jessica Corbett, mengatakan kepada Washington Post bahwa dirinya disiksa secara fisik dan emosional oleh suaminya selama 2,5 tahun pernikahan mereka. 

Corbett mengaku telah menginformasikan FBI tentang dugaan kekerasan yang dialaminya musim gugur lalu. Sorensen membantah tuduhan tersebut, dan mengklaim justru dia yang dianiaya istrinya.

"Sebelum kami dihubungi media, kami mengetahui ada beberapa tuduhan," kata sekretaris pers wakil Gedung Putih, Raj Shah, dalam sebuah pernyataan. "Kami segera berhadapan dengan staf yang bersangkutan, dan dia membantah tuduhan tersebut. Dia mundur hari ini," lanjut dia, seperti dikutip Guardian, Sabtu 10 Februari 2018.

Sebelum bergabung dengan pemerintahan Trump, Sorensen adalah penasihat senior gubernur Maine, Paul LePage.

Pengunduran diri Sorensen terjadi dua hari sesudah Rob Porter, staf sekretariat Trump, mundur setelah dua mantan istrinya mengajukan tuduhan pelecehan fisik dan mental. Turunnya Porter telah mengguncang Gedung Putih.

Kasus Porter juga menghidupkan kembali kritik, baik terhadap presiden maupun Partai Republik mengenai sikap yang diambil dalam kasus kekerasan terhadap perempuan.

Sedikitnya 19 wanita menuduh Trump melakukan pelecehan seksual atau penyerangan di masa lalu. Saat masih menjadi capres, Trump muncul dalam sebuah video dan berkata yang tidak pantas mengenai wanita. 

Selama ini Trump tercatat pernah beberapa kali membela orang-orang yang dituduh melakukan penyerangan atau penganiayaan terhadap wanita. Mereka yang dibela Trump termasuk Corey Lewandowski, Roger Ailes, Bill O'Reilly, dan Roy Moore.


(WIL)