Trump Nyatakan Sudah Siap Bertemu Kim Jong-un

Sonya Michaella    •    Jumat, 08 Jun 2018 01:05 WIB
Hari KartiniAmerika Serikat-Korea Utara
Trump Nyatakan Sudah Siap Bertemu Kim Jong-un
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Washington: Empat hari menjelang pertemuannya dengan Kim Jong-un, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan dirinya sudah siap.

Pernyataan ini ia lontarkan saat menerima kedatangan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Gedung Putih untuk membicarakan KTT AS-Korut tersebut.

"Saya sudah menyiapkan diri dan sudah sangat siap. Ini tentang kemauan untuk menyelesaikan sesuatu," ucap Trump, dikutip dari AFP, Jumat 8 Juni 2018.

Menyambangi Washington sebelum terbang ke Kanada untuk menghadiri KTT G7, Abe ingin menitipkan pesan dan pendapatnya ke Trump soal KTT AS-Korut nanti.

Pesan utama yang disampaikan Abe adalah Korut harus benar-benar melakukan denuklirisasi dan juga pertanggung jawaban soal warga negara Jepang yang diculik Pyongyang pada rentang waktu 1970 hingga 1980-an.

Trump dan Kim akan bertemu pada 12 Juni nanti sekitar pukul 09.00 di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura. Berbagai persiapan pun sudah dilakukan termasuk pengamanan yang diperketat.

Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan pun mengunjungi Pyongyang untuk membahas persiapan pertemuan ini lebih lanjut. 



(SCI)