Korban Bendungan Jebol Brasil Capai 84 Orang

Willy Haryono    •    Rabu, 30 Jan 2019 08:18 WIB
bendunganbrasil
Korban Bendungan Jebol Brasil Capai 84 Orang
Petugas pemadam mengangkat jasad korban bendungan jebol di dekat kota Brumadinho, Brasil, 28 Januari 2019. (Foto: AFP/MAURO PIMENTEL)

Brumadinho: Jumlah korban tewas jebolnya sebuah bendungan di Brasil bertambah menjadi 84 orang pada Selasa 29 Januari 2019. Bendungan di komplek pertambangan perusahaan Vale di dekat kota Brumadinho itu jebol pada Jumat 25 Januari.

Otoritas Brasil meningkatkan investigasi terhadap Vale. Lima insinyur terkait izin operasi perusahaan dan pemeriksaan bendungan telah ditangkap atas perintah kantor kejaksaan negara bagian Minas Gerais. 

Seperti disitat dari laman AFP, juru bicara Badan Pertahanan Sipil Brasil Flavio Godinho mengonfirmasi jumlah korban tewas bertambah dari 65 menjadi 84 orang. Sementara angka korban hilang berkurang dari 292 ke 276.

Vale mengumumkan rencana pembekuan operasi di 10 bendungan di Brazil. Perusahaan pertambangan itu mengaku akan membongkar bendungan serupa untuk mencegah terjadinya tragedi serupa di masa mendatang.

Jebolnya bendungan Vale itu terjadi tiga tahun usai bencana serupa terjadi di kawasan yang sama. Jebolnya bendungan pada 2015 dekat Mariana menewaskan 19 orang.

Media lokal Brasil menyebutkan bahwa dewan direksi Vale kemungkinan akan diganti terkait tragedi ini, karena sebagian besar korban tewas dan hilang adalah karyawan perusahaan.

Brasil telah memerintahkan agar aset Vale senilai USD3 miliar atau setara Rp42 triliun dibekukan untuk membayar denda, kompensasi dan gaji kepada keluarga korban.

"Jika ada faktor kelalaian di beberapa orang di perusahaan tersebut, maka mereka akan menghadapi dakwaan hukum," tegas Wakil Presiden Brasil Hamilton Mourao.

 


(WIL)