Suhu Anjlok di Amerika, Air Terjun Niagara Membeku

Sonya Michaella    •    Jumat, 01 Feb 2019 12:41 WIB
amerika serikatsalju
Suhu Anjlok di Amerika, Air Terjun Niagara Membeku
Air terjun Niagara membeku. (Foto: The Independent)

New York: Suhu dingin yang ekstrem kini sedang melanda Benua Amerika mengakibatkan air terjun Niagara membeku. Air yang mengalir dari Niagara kini berbentuk potongan balok es.

Saat suhu Amerika Serikat (AS) lebih dingin dari Antartika, suhu di Ontario, Kanada juga menjadi turun hingga minus 18 derajat Celcius. Kondisi inilah yang membuat sebagian air terjun Niagara membeku.

Dilansir dari Independent, Jumat 1 Februari 2019, pepohonan dan bebatuan di sekitar air terjun juga diselimuti oleh salju. 

Di Amerika Utara tepatnya di Chicago, suhu juga sangat menurun drastis dan mengakibatkan Danau Michigan membeku. Saat ini, suhu di Chicago mencapai minus 46 derajat Celcius.

Operasi perusahaan pos, US Postal Service, pun dihentikan untuk sementara. Sekitar 1.500 penerbangan juga terkena imbas dan jadwalnya dibatalkan. Jalur kereta Amtrak pun terpaksa dihentikan dari operasinya.
 
Penyebab suhu di bawah nol ini disebabkan oleh putaran udara artik yang terlepas dari vortek kutub yang biasanya mengitari Kutub Utara. Menurut National Weather Service, suhu saat ini menurun sangat ekstrem dan warga diminta berhati-hati.



(FJR)