Pentagon Sebut Pemimpin Senior Al Qaeda Tewas dalam Serangan Udara AS

Meilikhah    •    Rabu, 23 Nov 2016 05:22 WIB
al qaeda
Pentagon Sebut Pemimpin Senior Al Qaeda Tewas dalam Serangan Udara AS
Ilustrasi pesawat tanpa awak milik AS. (EPA)

Metrotvnews.com, Washington: Kementerian Pertahanan Amerika Serikat, yang gedungnya disebut Pentagon, pada Kamis membenarkan bahwa seorang pemimpin senior Al Qaeda terbunuh dalam serangan udara Amerika Serikat di dekat Sarmada, Suriah, pekan lalu.

Abu Afghan Al-Masri, seorang warga Mesir yang bergabung dengan Al Qaeda di Afghanistan dan kemudian pindah ke Suriah, tewas pada 18 November, kata juru bicara Pentagon, Peter Cook, kepada para wartawan.

"Dia memiliki jaringan dengan berbagai kelompok teroris yang beroperasi di wilayah Asia Barat Daya, termasuk kelompok-kelompok yang menyerang AS dan pasukan koalisi di Afghanistan serta berniat menyerang Barat," kata Cook, melansir Antara, Rabu (23/11/2016).

Amerika Serikat pada masa lalu melancarkan rangkaian serangan secara sporadis terhadap para anggota Al Qaeda, yang pindah ke Suriah Barat Laut dari Afghanistan dan Pakistan.

Awal November, Presiden AS Barack Obama memerintahkan Pentagon untuk mengerahkan lebih banyak pesawat tanpa awak serta aset-aset intelijen untuk mengintai sebuah kelompok militer di Suriah yang memiliki kaitan dengan Al Qaeda.

Kelompok tersebut sebelumnya dikenal sebagai Jabhat al-Nusra dan sekarang disebut dengan Jabhat Fatah al-Sham, atau Front Penaklukan Suriah. Pada masa kampanye, presiden terpilih AS Donald Trump mengatakan ia kemungkinan akan bersikap lebih agresif dibandingkan Obama dalam memburu para milisi ekstrem.


(MEL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA