Badai Irma Hantam Kuba dengan Hujan dan Angin Kencang

Willy Haryono    •    Minggu, 10 Sep 2017 08:40 WIB
topan badai
Badai Irma Hantam Kuba dengan Hujan dan Angin Kencang
Lebih dari satu juta orang telah dievakuasi dari wilayah pesisir Kuba menjelang kedatangan Badai Irma. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Havana: Kuba dilanda hujan deras dan angin kencang saat Badai Irma melintas dan bergerak menuju Florida Keys, Sabtu 9 September 2017. 

Menurut laporan pakar cuaca Jose Rubiera kepada CBS News, hujan dengan intensitas lebih dari 400 milimeter mengguyur Guantanamo, provinsi paling timur di Kuba. Badai Irma pertama kali mendarat di Kuba di kepulauan Sabana-Camaguey, wilayah utara dari provinsi Camaguey. 

Di Havana, imbas Badai Irma tidak terlalu signifikan. Kendati begitu, peringatan hujan deras dan angin kencang diberlakukan untuk semua warga ibu kota. 

Tingginya intensitas hujan di pesisir utara Kuba berimbas pada sejumlah desa, terutama Caibarien yang sebagian besar areanya tergenang air. Daya listrik di sana terputus, begitu juga dengan jaringan telekomunikasi di beberapa bagian. 

Namun sudah banyak warga pesisir yang dievakuasi ke banyak tempat, salah satunya Havana. Namun mereka belum benar-benar aman karena Irma adalah badai dahsyat di kategori 5. 

Ini adalah kali pertamanya sebuah badai kategori 5 mendarat di Kuba sejak 1932. 

Pegawai pertahanan sipil Gergoria Torres mengatakan bahwa otoritas Kuba masih berupaya mengukur seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan badai Irma. Ia menyebut kerusakan terkonsentrasi untuk infrastruktur pertanian. 

Kuba timur adalah rumah bagi banyak masyarakat kelas menengah ke bawah. Sempat dikenal sebagai daerah penghasil tebu dan hasil pertanian lainnya, namun industri tersebut terus menurun bahkan sebelum Irma datang. 

 


(WIL)