Hunter and Killer, Kendaraan Tempur Terbaru AS

Arpan Rahman    •    Minggu, 16 Apr 2017 21:20 WIB
militer as
Hunter and Killer, Kendaraan Tempur Terbaru AS
Kendaraan tempur terbaru AS, Hunter (kanan), dan Killer, diuji coba di Oklahoma, 13 April 2017. (Foto: U.S. Army photo Monica K. Guthrie)

Metrotvnews.com, Oklahoma: Kendaraan tempur terbaru buatan militer Amerika Serikat (AS) yang dibuat untuk bermanuver di atas pasir telah menyelesaikan putaran uji cobanya di Fort Sill, Oklahoma, Kamis 13 April 2017.

Kendaraan dengan delapan roda ini, yang dikenal sebagai Hunter dan Killer, dicoba antara periode 3 hingga 13 April dalam aksi bertajuk MFIX. Mobil ini dirancang untuk perjalanan melintasi berbagai jenis medan dan mendeteksi serta melacak pesawat.

Militer AS mengatakan program kendaraan tempur ini bertujuan mengurangi beban kerja pasukan darat.

"Kami ingin melihat bagaimana kami dapat mengotomatisasi perangkat lunak demi mengurangi kejenuhan tugas tentara," kata ahli program strategis, Scott Patton dalam siaran pers. 

"Kami ingin mengurangi beban kerja mereka. Kami ingin tentara hanya maju sebagai pengamat. Jika mereka harus masuk ke kawasan lain, mereka dapat melakukannya dalam satu atau dua menit, membiarkan perangkat lunak melakukan aksi bagi mereka, dan kemudian mereka kembali ke wilayah mereka," cetusnya, seperti dinukil UPI, Jumat 14 April 2017.

Kendaraan Hunter dan Killer, yang masih dalam tahap pengembangan awal, dirancang untuk melakukan beragam fungsi. Selain melacak aktivitas pesawat di seluruh medan tempur, persenjataan ini juga dapat memadamkan kebakaran dengan presisi tinggi, dan menyediakan teknologi untuk berkomunikasi dengan pesawat sekutu.

Hunter and Killer juga memiliki aplikasi maritim, dan dapat menghubungi kapal terdekat supaya menyerang target.

"Ini hanya tahap awal dari percobaan dan juga tahap pertama dari kontra-UAV (pesawat tak berawak)," ungkap Patton. 


(WIL)