Pesan Penambang Chile untuk 12 Bocah Terjebak di Gua Thailand

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 05 Jul 2018 11:02 WIB
thailandchile
Pesan Penambang Chile untuk 12 Bocah Terjebak di Gua Thailand
Penambang Chile Mario Sepulveda memberi semangat pada bocah terjebak di gua Thailand. Foto: AFP).

Mexico City: Mario Sepulveda, salah satu penambang Chile, memberi pesan kepada 12 bocah Thailand yang terjebak di gua. Sepulveda merupakan korban yang terjebak di bawah tanah selama 69 hari pada 2010.

Dalam sebuah video yang dikirim ke AFP, 'Super Mario' tersebut mengatakan dia pernah merasakan apa yang dialami bocah tersebut dengan pelatih sepak bola mereka.

"Muncha fuerza (kalian punya banyak kekuatan)!" katanya dalam video tersebut, dikutip dari Channel News Asia, Kamis 5 Juli 2018.

Sepulveda mengatakan dirinya tengah berusaha mengumpulkan dana untuk melakukan perjalan ke Thailand sendiri. Dia ingin membantu upaya penyelamatan bocah-bocah tersebut.

"Saya akan melihat apa yang mungkin bisa saya lakukan. Saya menelepon seseorang dari pemerintah Chile unutk mencoba mendapatkan uang bersama," tuturnya dalam video itu.

"Saya pikir ini penting kami berada di sana setelah apa yang kami alami. Saya ingin sekali pergi, mendukung keluarga dan memeluk mereka. Kata-kata dorongan itu penting," tukasnya.

Pada 2010 lalu, secara ajaib, Sepulveda dan 32 orang lainnya berhasil bertahan hidup setelah terjebak selama hampir 10 bulan di bawah tanah. Sepulveda dikenal oleh teman-temannya sebagai pemberi semangat yang ajaib.

Sementara itu, hampir 11 hari 12 bocah dan pelatih sepak bola Wild Boar terjebak di gua yang banjir. Tim penyelamat mengatakan butuh waktu hingga empat bulan untuk menyelamatkan mereka.

Opsi lain dalam penyelamatan, para bocah itu harus belajar menyelam untuk waktu yang sangat lama agar bisa berenang melewati banjir.


(FJR)