15 Orang Dilaporkan Tewas Akibat Gempa 8,2 SR Guncang Meksiko

Fajar Nugraha    •    Jumat, 08 Sep 2017 19:35 WIB
gempa meksiko
15 Orang Dilaporkan Tewas Akibat Gempa 8,2 SR Guncang Meksiko
Warga di Meksiko City keluar dari rumah mereka saat gempa melanda (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Meksiko City: Gempa besar berkekuatan 8,2 Skala Richter (SR),-sebelumnya disebutkan 8,0 SR,- di Meksiko dilaporkan menewaskan 15 orang.
 
 
Menurut Badan Seismologi Meksiko menyebutkan, gempa mengguncang wilayah perairan sekitar 100 kilometer dari Tonala, Negara Bagian Chiapas. 
 
"Ini adalah gempa terbesar dalam skala dan magnituda, terkuat dalam 100 tahun terakhir," ujar Presiden Enrique Pena Nieto, dalam pernyataan di markas Pusat Pencegahan Bencana Nasional, seperti dikutip AFP, Jumat 8 September 2017.
 
Badan Survei Geologis Amerika Serikat (USGS) menyebutkan kekuatan gempa mencapai 8,1 SR. Hal itu serupa dengan gempa 1985, yang menewaskan lebih dari 10 ribu warga di Meksiko City.
 
Sementara pada gempa kali ini, guncangan terasa hingga hampir ke seluruh wilayah Meksiko. Bahkan gempa juga terasa di ibu kota, Meksiko City,-yang jaraknya mencapai 800 kilometer dari pusat gempa,- di mana warga berhamburan keluar rumah dan gedung ketika gempa melanda Kamis 7 September tengah malam waktu setempat.
 
Presiden Nieto mengatakan, tiga orang tewas akibat gedung roboh di Chiapas. Sementara di negara bagian tetangga, Tabasco, dua anak-anak juga dilaporkan tewas.
 
"Satu korban anak-anak tewas tertimpa tembok roboh. Sementara bocah lainnya meninggal karena alat bantu pernapasan yang digunakannya tidak berfungsi, akibat mati listrik," jelas Gubernur Tabasco, Arturo Nunez Jimenez.
 
Wilayah terparah yang terkena dampak gempa adalah wilayah Juchitan, Negara Bagian Oaxaca. 10 orang tewas akibat gempa. Pejabat setempat mengkhawatirkan jumlah korban tewas bisa bertambah.
 
KBRI imbau warga amankan diri
 
Kedutaan Besar RI di Meksiko mengeluarkan imbauan kepada warga negara Indonesia (WNI) untuk mengamankan diri dari gempa.
 
 
KBRI Mexico telah mengeluarkan imbauan kepada WNI untuk mengamankan diri dan menghubungi KBRI Mexico apabila memerlukan bantuan," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, kepada Metrotvnews.com lewat pesan singkat, Jumat 8 September 2017.
 
Arrmanatha menuturkan sejauh ini belum ada laporan korban jiwa akibat gempa tersebut. "Berdasarkan catatan KBRI Meksiko, tidak terdapat WNI di negara bagian Chiapas," jelasnya.
 
Jumlah total WNI di Meksiko sebanyak 289 orang, dengan 190 diantaranya berada di Meksiko City.



(FJR)

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

9 hours Ago

Jika Pemerintah Myanmar ternyata tidak konkret dalam menjalankan usulan Pemerintah Indonesia, pihaknya…

BERITA LAINNYA