Pasca Badai Matthew, Haiti Diserang Wabah Kolera

Sonya Michaella    •    Selasa, 11 Oct 2016 07:13 WIB
badai matthew
Pasca Badai Matthew, Haiti Diserang Wabah Kolera
Haiti mulai diserang wabah kolera (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Haiti: Usai badai Mathhew memporak-porandakan Haiti, kini warga Haiti harus berjuang untuk melawan wabah kolera.

Hingga kini, terhitung sudah hampir 1.000 orang tewas di Haiti akibat dilanda badai Matthew, badai paling mematikan di benua Amerika. Sementara di Amerika Serikat, setidaknya 18 orang tewas karena serangan badai Matthew.

Seperti dilansir BBC, Selasa (11/10/2016), koordinator kemanusiaan PBB di Haiti, Mourad Wahba, mengatakan sudah 18 orang terhitung tewas akibat wabah kolera.

Rumah sakit di negara miskin tersebut penuh dengan pasien dengan penyakit yang ditularkan melalui air ini. Bangunan rumah sakit pun terlihat banyak yang hancur, menyebabkan tidak ada cukup tempat untuk pasien baru yang datang.

Amerika Serikat dan Prancis pun berjanji untuk mengirim bantuan untuk Haiti. UNICEF melaporkan bahwa setidaknya dibutuhkan USD5 juta untuk memenuhi kebutuhan dan mencegah 500.000 anak-anak yang terkena gejala kolera.

Selain itu, otoritas Haiti mulai memakamkan beberapa korban tewas akibat Badai Matthew dalam sebuah kuburan massal. 

"Pemerintah setempat harus mengubur korban tewas dalam kuburan massal di Jeremie karena jasad-jasad itu mulai membusuk," kata Kedner Frenel, pejabat paling senior pemerintah pusat di wilayah Grand'anse, semenanjung barat Haiti.

Frenel mengatakan, 522 orang tewas di wilayah Grand'anse. Daftar perhitungan kematian yang dilaporkan 15 walikota dari 18 kota di Sud Departemen di sisi selatan semenanjung menunjukkan adanya 386 korban tewas. Sisanya di wilayah lain, yakni sebanyak 92 orang. 


(FJR)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA