Gubernur Puebla Meksiko Tewas dalam Kecelakaan Udara

Willy Haryono    •    Selasa, 25 Dec 2018 11:08 WIB
kecelakaan helikoptermeksiko
Gubernur Puebla Meksiko Tewas dalam Kecelakaan Udara
Kecelakaan dilaporkan terjadi tak lama usai helikopter lepas landas di Puebla, Meksiko, 24 Desember 2018. (Foto: AFP/GETTY IMAGES)

Puebla: Gubernur negara bagian Puebla, Martha Erika Alonso, tewas dalam sebuah kecelakaan udara. Kecelakaan terjadi hanya beberapa hari usai dirinya mengucapkan sumpah jabatan.

Suami korban, Senator Rafael Moreno Valle, juga meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut. Media lokal menyebut kecelakaan pada Senin 24 Desember 2018 itu terjadi tak lama usai kendaraan sang gubernur -- diyakini sebagai helikopter -- terbang dari ibu kota Puebla.

Alonso, 45, menjadi gubernur wanita pertama di Puebla usai melewati pemilihan umum kepala daerah yang berlangsung panas. Dia adalah anggota partay sayap tengah-kanan PAN di Meksiko.

Kematian Alonso dikonfirmasi Presiden baru Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador. Dalam sebuah tulisan di Twitter, seperti dilansir dari laman BBC, Presiden Lopez Obrador mengekspresikan "rasa duka mendalam" kepada keluarga kedua korban.

Dia mengatakan investigasi resmi akan dilakukan untuk menemukan penyebab dan "kebenaran" di balik insiden. Belum diketahui apakah pilot juga tewas dalam kecelakaan tersebut.

Manuel Barbosa, lawan Alonso dalam pemilukada di Puebla, mengatakan bahwa kecelakaan tersebut adalah sebuah "tragedi yang tidak diinginkan semua orang untuk terjadi kepada siapapun."

"Saya terkejut dan berduka. Rasa simpati saya sampaikan kepada keluarga mereka. Ini bukan saatnya membuat spekulasi apapun," sebut Barbosa, calon gubernur yang diunggulkan Presiden Lopez Obrador.

Parlemen Puebla kini harus menunjuk pelaksana tugas gubernur hingga pemilukada selanjutnya digelar. Insiden ini merupakan satu dari beberapa kematian tokoh ternama di Meksiko dalam kecelakaan udara.

Pada 2011, Menteri Dalam Negeri Meksiko Francisco Blake Mora tewas dalam kecelakaan helikopter. Februari lalu, 13 orang tewas saat sebuah helikopter milik menteri di Meksiko jatuh ke tengah kerumunan massa. Sang menteri selamat dari kecelakaan.


(WIL)