Gubernur Maryland Tetapkan Keadaan Darurat Setelah Bencana Banjir

Arpan Rahman    •    Selasa, 29 May 2018 10:53 WIB
banjir
Gubernur Maryland Tetapkan Keadaan Darurat Setelah Bencana Banjir
Banjir bandang yang melanda Maryland. (Foto: Twitter)

Maryland: Gubernur Maryland Larry Hogan mengumumkan keadaan darurat sesudah banjir bandang menghantam Ellicott City, menjungkirbalikkan kendaraan dan merendam lantai pertama gedung-gedung perkantoran.

Banjir menghancurkan jalan utama kota sekitar 24km sebelah barat Baltimore. Air bah muncul dua tahun setelah badai lain menghancurkan kota bersejarah itu, menewaskan dua orang, dan memaksa penduduk membangun kembali.

Ellicott City terletak di tepi barat Sungai Patapsco dan rentan terhadap banjir.

"Mereka berkata inilah banjir sekali setiap 1.000 tahun, dan kami sudah dilanda dua kali dalam dua tahun," kata Hogan, Minggu 28 Mei 2018.

Polisi mengatakan tidak ada korban jiwa atau cedera yang dilaporkan, meskipun WBAL-TV di Baltimore mengatakan satu orang hilang.

"Ini adalah masa yang menakutkan, mengerikan. Kami diterpa sejumlah banjir besar di Ellicott City. Saya mengimbau semua orang agar tetap menjauh dari Ellicott City, jika Anda tidak di sana. Jika Anda berada di sana, tetaplah di tempat yang aman dan beri tahu kami jika Anda membutuhkan bantuan. Tentu saja, kami memiliki regu penyelamat di Ellicott City sekarang. Kami melakukan yang terbaik yang dapat kami lakukan untuk membantu siapa saja yang membutuhkan bantuan, " kata Eksekusif Howard County, Allan Kittleman, seperti dikutip UPI, Senin 28 Mei 2018.

Perusahaan listrik BGE mengatakan 1.411 orang di Howard County tidak memiliki listrik dan ada 1.964 pemadaman listrik di Kota Baltimore, dan Baltimore, Anne Arundel, Harford dan Carroll County. Perusahaan juga mengatakan mungkin terjadi pemadaman.


(WIL)