Kerudung Turis Muslim asal Skotlandia Dibakar di New York

Sonya Michaella    •    Rabu, 14 Sep 2016 07:59 WIB
serangan umum
Kerudung Turis Muslim asal Skotlandia Dibakar di New York
Potongan rekaman yang menunjukkan seorang pria memegang pemantik rokok (Foto: BBC)

Metrotvnews.com, New York: Busana Muslim atau kerudung seorang perempuan asal Skotlandia, Inggris dibakar di kawasan Fifth Avenue, New York, Amerika Serikat.

Seperti dilansir BBC, Rabu (14/9/2016), turis perempuan yang menginap di sebuah hotel Manhattan tersebut sedang kembali dari jalan-jalan ketika dia merasakan panas di lengannya.

Seketika ia berbalik dan melihat bagian lengan busananya terbakar sementara seorang pria sedang memegang pemantik api rokok. Wanita itu berhasil mematikan api dengan tangannya dan tidak mengalami cedera.

Serangan tersebut disinyalir sebagai kemungkinan kejahatan kebencian. Bagian jilbab wanita itu berlubang sekitar 25 mm. Polisi setempat pun langsung menghampiri lokasi kejadian.

Beberapa warga memiliki rekaman video seorang pria yang diduga sebagai pelaku kejahatan dan polisi pun meminta warga yang menyaksikan kejadian itu untuk memberikan keterangan.

Sebelumnya pun ada kejadian serupa, yaitu sebuah masjid Islamic Centre di Florida, diserang saat perayaaan Iduladha pada Selasa 13 September lalu.

Api diketahui berkobar dari masjid yang berada sekitar 161 kilometer Tenggara Orlando tersebut, sekitar pukul 00.30 waktu setempat.

Tidak ada laporan mengenai orang-orang yang terluka dalam insiden tersebut. Video pengawas menunjukkan ada satu orang mendekati masjid beberapa saat sebelum api muncul. 

Masjid tersebut merupakan tempat Omar Mateen menjalankan ibadah salat. Omar merupakan pelaku penembakan di klub malam LGBT di Orlando, Amerika Serikat (AS) pada Juni lalu hingga menewaskan 49 orang dan melukai 53 orang.


(FJR)