Korban Gempa Meksiko Bertambah

Marcheilla Ariesta    •    Sabtu, 09 Sep 2017 10:38 WIB
gempa meksiko
Korban Gempa Meksiko Bertambah
Gempa bumi mengguncang wilayah lepas pantai selatan Meksiko, Kamis malam (7/9/2017) waktu setempat. Foto: AFP

Metrotvnews.com, Meksiko City: Korban gempa berkekuatan 8 skala richter yang mengguncang Meksiko terus bertambah. Dilaporkan jumlah korban tewas mencapai 61 jiwa.

Hal ini diungkapkan Presiden Enrique Pena Nieto pada Jumat malam 8 September 2017 lewat pidato yang disiarkan langsung di televisi lokal. Jumlah 61 jiwa ini tersebar di beberapa negara bagian, yakni 45 orang di Oaxaca, 12 orang di Chiapas dan 4 orang di Tabasco.

Dilansir dari Chicago Tribune, Sabtu 9 September 2017, Nieto mengumumkan tiga hari masa berkabung nasional akibat bencana alam ini.

Kota yang terparah terkena dampak gempa adalah Juchitan, yang berada di Oaxaca. Di sana, sebanyak 36 warga tewas. Setengah dari wilayah di Juchitan juga rata dengan tanah, gedung ambruk, dan jalanan dipenuhi puing rumah.

"Sebuah rumah sakit juga ikut ambruk," ujar Nieto usai berkeliling kota.

Presiden menyebutkan pihak berwenang tengah berupaya membangun kembali pasokan air dan makanan, termasuk memberikan perhatian medis kepada mereka yang membutuhkan. Pemerintah, ujar Nieto, bersumpah akan membantu warga membangun kembali wilayah mereka.

"Kekuatan gempa ini sangat menghancurkan, tetapi kami yakin dengan kekuatan persatuan, solidaritas, dan tanggung jawab, peristiwa ini bisa diatasi bersama," kata dia.

Kementerian Dalam Negeri Meksiko melaporkan sebanyak 428 rumah hancur dan 1.700 bangunan rusak parah di berbagai kota di Chiapas. Seorang warga mengatakan rumah yang terbuat dari tanah liat dan kayu roboh serta rata dengan tanah. Seorang pekerja hak asasi manusia yang tinggal di Tonala, Chiapas, Nataniel Hernandez, memperingatkan bencana alam akan lebih besar lagi.

"Saat ini hujan deras di Tonala, tanah akan semakin rapuh dan bisa saja tanah longsor terjadi," kata dia.

Gempa mengguncang Meksiko Kamis 7 September pukul 23:49 dan Jumat pukul 04:49 waktu setempat. Lindu itu menyebabkan bangunan-bangunan bergoyang di dekat Ibu Kota Meksiko. Warga yang mengenakan baju tidur lantas berlarian keluar dari rumah mereka dan berkumpul.

Sementara itu, pusat gempa berada 102 mil (165 kilometer) barat Tapachula di Chiapas. Itu memiliki kedalaman 43,3 mil (69,7 kilometer). Puluhan gempa susulan terjadi di wilayah tersebut beberapa jam kemudian.




(UWA)

Bersama Membantu Rohingya

Bersama Membantu Rohingya

1 hour Ago

AUNG San Suu Kyi oleh dunia internasional sesungguhnya dinilai memiliki semua prasyarat yang diperlukan…

BERITA LAINNYA