AL Argentina: Kapal Selam yang Hilang Laik Beroperasi

Willy Haryono    •    Minggu, 26 Nov 2017 13:08 WIB
kapal selam
AL Argentina: Kapal Selam yang Hilang Laik Beroperasi
Juru bicara AL Argentina Enrique Balbi. (Foto: EPA)

Buenos Aires: Angkatan Laut Argentina berkukuh kapal selam yang hilang laik beroperasi karena telah melewati sistem pemeriksaan keselamatan sebelum menjalani misi pelatihan 10 hari lalu.

Beberapa anggota keluarga dari 44 kru yang hilang menduga kapal selam berusia 34 tahun itu berada dalam kondisi buruk. 

Terakhir kalinya ARA San Juan membuat kontak dengan otoritas Argentina adalah pada 15 November. Harapan menemukan korban selamat memudar meski pencarian berskala internasional dilakukan. 

"Kami berada dalam fase berharap dan pasrah saat ini," ucap juru bicara AL Argentina Enrique Balbi, seperti dikutip BBC, Sabtu 25 November 2017.

"Saat ini kami fokus mendeteksi keberadaan kapal selam. Kami harus tetap berpegang pada bukti-bukti konkret," lanjut dia. 

Balbi menegaskan dalam konferensi pers bahwa ARA San Juan sudah menjalani pemeriksaan penuh dua hari sebelum berangkat.

"Kapal selam tidak dapat berangkat jika pemeriksaan tidak dilakukan. Jika berangkat, maka kondisinya laik beroperasi," ungkap Balbi. 

Sejumlah anggota keluarga dari kru berkumpul di markas AL Argentina untuk berdoa bersama. Ratusan pendukung ikut hadir dalam acara. 

Beberapa dari mereka sudah merelakan anggota keluarga yang hilang, karena sudah 10 hari berlalu. 

Jumat kemarin, Presiden Argentina Mauricio Macri menyebut penyelidikan akan dilakukan untuk mengetahui "kebenaran" tragedi ini.




(WIL)