Gempa 6,6 SR Guncang Meksiko Dekat Perbatasan Guatemala

Arpan Rahman    •    Sabtu, 02 Feb 2019 13:11 WIB
meksiko
Gempa 6,6 SR Guncang Meksiko Dekat Perbatasan Guatemala
Ilustrasi grafik guncangan gempa bumi. (Foto: Medcom)

Tapachula: Gempa bumi berkekuatan 6,6 Skala Richter (SR) mengguncang kota pesisir barat daya Tapachula di Meksiko, Jumat 1 Februari 2019. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut gempa terasa hingga ratusan kilometer ke arah Mexico City, dan juga di area perbatasan Guatemala serta San Salvador.

Sejauh ini, menurut laporan Pusat Koordinasi Nasional untuk Penanggulangan Bencana Guatemala melaporkan kerusakan akibat gempa terjadi di sebuah gereja di Suchitepequez. 

Dinukil dari laman UPI, sejumlah foto di internet memperlihatkan kerusakan di bagian atap, dan serpihan material bangunan berserakan di lantai gereja.

Gempa melanda di kedalaman 66 kilometer pada Jumat pukul 08.14 waktu setempat. Sejauh ini tidak ada laporan korban tewas. Dari laporan kantor berita AFP, tiga orang terluka akibat terkena longsor bebatuan usai gempa di sebuah ruas jalan raya di Guatemala.

Getaran dirasakan kuat oleh warga di Chiapas. "Terasa sangat menakutkan," ujar Karla Munoz, seorang warga Tapachula, kepada AFP.

"Kami semua menangis di sekolah," kata Eva, salah satu anak Munoz. Tapachula terletak di negara bagian Chiapas yang dekat dengan Perbatasan Meksiko dan Guatemala.

Dua gempa bumi terjadi di Meksiko pada September 2017 yang menewaskan 465 orang dan merusak puluhan ribu bangunan. Guncangan terkuat dan paling mematikan di Meksiko terjadi pada 1985, yang kala itu menewaskan ribuan orang.


(WIL)