Indonesia-AS Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi dan Penanggulangan Terorisme

Faisal Abdalla    •    Rabu, 06 Jun 2018 21:04 WIB
indonesia-as
Indonesia-AS Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi dan Penanggulangan Terorisme
Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu AS Mike Pompeo. (Foto: Dokumen Kemenlu AS)

Washington DC: Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Amerika Serikat (AS) Michael Richard Pompeo di sela-sela rangkaian kegiatan di Markas Besar PBB untuk pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Pertemuan bilateral keduanya itu membahas kerja sama di bidang ekonomi hingga pemberantasan terorisme. 

Dalam pertemuan itu, Retno dan Mike Pompeo membahas upaya penguatan kemitraan strategis kedua negara. Menlu Retno juga menyampaikan beberapa isu prioritas antara lain kerja sama ekonomi, penanggulangan terorisme, serta kerja sama pertahanan. 

"Soal penanggulangan terorisme, perlu pemberdayaan perempuan sebagai upaya pemberantasan terorisme," ujar Retno dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Jakarta, Rabu, 6 Juni 2018.

Selain membahas isu kerja sama kedua negara, pertemuan bilateral ini juga turut membahas perkembangan berbagai isu kawasan dan global, termasuk isu Palestina. Terkait dengan hal itu, Retno menegaskan posisi Indonesia yang tetap mendukung perjuangan Palestina. 

"Sebagai negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia, Indonesia mengharapkan AS dapat menjadi teman dan memperhatikan kepentingan dunia Islam," tegasnya.

Dalam pertemuan ini juga turut dibahas situasi di Semenanjung Korea dan Indo-Pasifik. Indonesia mengharapkan rencana KTT AS- Korea Utara dapat membuahkan hasil menuju denuklirisasi Semenanjung Korea. 


(HUS)


Trump Sebut AS Siap Tingkatkan Senjata Nuklir

Trump Sebut AS Siap Tingkatkan Senjata Nuklir

23 hours Ago

Trump menyebut Rusia tidak patuh terhadap semangat dari perjanjian nuklir era Perang Dingin.

BERITA LAINNYA