Pesawat Terbelah Dua dalam Kecelakaan di Honduras

Willy Haryono    •    Rabu, 23 May 2018 12:59 WIB
kecelakaan pesawat honduras
Pesawat Terbelah Dua dalam Kecelakaan di Honduras
Sebuah pesawat terbelah dua dalam kecelakaan di ujung landasan pacu Bandara Internasional Toncontin di Tegucigalpa, Honduras, 22 Mei 2018. (Foto: AFP/ORLANDO SIERRA)

Tegucigalpa: Sebuah pesawat terbelah dua akibat mengalami kecelakaan di ujung landasan pacu di Bandara Internasional Toncontin, Tegucigalpa, Honduras, Selasa 22 Mei 2018. Seluruh penumpang dan kru dilaporkan selamat.

Sejumlah video di media sosial Honduras memperlihatkan warga serta petugas menarik para penumpang dan kru dari badan pesawat yang terbelah dua. Terdapat pula beberapa orang yang menggunakan alat pemadam kecil.

Seperti dikutip dari ABC, petugas pemadam tiba di lokasi dan menyemprotkan busa sabun ke seluruh badan pesawat. Sebuah bagian dari pesawat yang terbelah terlihat ada di sebuah jalan raya.

Agensi Penerbangan Sipil Honduras mengonfirmasi bahwa pesawat pribadi jenis Gulfstream Jet itu datang dari Austin. Catatan memperlihatkan pesawat itu terdaftar di perusahaan TVPX Aircraft Solution Inc di Utah, Amerika Serikat.

Petugas darurat mengaku sudah menyelamatkan semua penumpang dan kru. Total orang di pesawat tersebut belum diketahui, namun hanya disebutkan semuanya dalam keadaan hidup.

Presiden Juan Orlando Hernandez mengonfirmasi di Twitter bahwa ada beberapa orang yang terluka, namun berada dalam kondisi stabil.

Pada 2008, pesawat dari maskapai TACA mengalami kecelakaan di lokasi yang hampir sama. Lima orang tewas dalam insiden tersebut.

Toncontin dikenal sebagai salah satu bandara di dunia yang dianggap sulit untuk melakukan pendaratan. Bandara ini dikelilingi pegunungan dan permukiman warga.


(WIL)