Argentina Tak Setuju Opsi Militer AS untuk Venezuela

Sonya Michaella    •    Rabu, 16 Aug 2017 16:45 WIB
konflik venezuela
Argentina Tak Setuju Opsi Militer AS untuk Venezuela
Presiden Argentina Mauricio Macri bersalaman dengan Wapres AS Mike Pence. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Buenos Aires: Presiden Argentina Mauricio Macri memperingatkan Amerika Serikat (AS) bahwa opsi militer bukanlah satu-satunya jalan keluar untuk menyelesaikan konflik Venezuela.

Sebelumnya, Trump sempat melontarkan pernyataan bahwa opsi militer kemungkinan akan dijalankan, mengingat kondisi Venezuela yang semakin parah.

"Kami memiliki banyak pilihan untuk Venezuela, dan saya tidak akan mengesampingkan opsi militer," ujar Trump, kala itu.

Dikutip Guardian, Rabu 16 Agustus 2017, pernyataan itu dilontarkan Macri langsung kepada Wakil Presiden AS Mike Pence yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Argentina.

"Bukan opsi militer, tapi harusnya lebih kepada tekanan politik," tegas Macri kepada Pence.

Walaupun menentang opsi militer, sesungguhnya Argentina bergabung bersama AS dan sekutu lainnya untuk mengecam Presiden Venezuela Nicolas Maduro soal kericuhan yang terjadi.

Menjawab protes dari Macri, Pence menegaskan bahwa opsi militer bukanlah satu-satunya pilihan AS untuk menghadapi situasi di Venezuela.

Seorang analis kebijakan Amerika Latin, Juan Carlos Hidalgo mengatakan, ucapan Trump soal opsi militer tersebut benar-benar ceroboh. "Kami tahu pasti bahwa AS tidak bersedia untuk menyerang Venezuela," sebutnya.

Venezuela sudah diguncang oleh bentrokan empat bulan akibat demonstrasi anti-Maduro yang menyebabkan lebih dari 125 orang tewas. Krisis Venezuela ini pun sudah berlangsung kurang lebih selama tiga bulan terakhir.

 


(WIL)


Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

7 hours Ago

Sejumlah kebijakan Trump disindir Obama, yaitu kebijakan imigrasi dan mundurnya AS dari Kesepakatan…

BERITA LAINNYA