Survei: Hanya 36 Persen Warga AS Puas dengan Kinerja Trump

Willy Haryono    •    Senin, 17 Jul 2017 18:59 WIB
donald trumppemerintahan as
Survei: Hanya 36 Persen Warga AS Puas dengan Kinerja Trump
Presiden AS Donald Trump. (Foto: WikiMedia Commons)

Metrotvnews.com, Washington: Jajak pendapat terbaru dari ABC News/Washington Post menunjukkan tingkat kepuasaan warga Amerika Serikat (AS) terhadap kinerja Presiden Donald Trump hanya mencapai 36 persen.

Ini merupakan tingkat kepuasaan terendah selama enam bulan masa pemerintahan presiden-presiden terdahulu di Negeri Paman Sam sejak 70 tahun terakhir.  

Popularitas Trump terus menurun dari 42 persen setelah masa jabatannya mencapai 100 hari pada April lalu. Sementara tingkat ketidakpuasannya naik lima poin menjadi 58 persen. 

Polling terbaru juga menunjukkan 48 persen masyarakat AS menyatakan "sangat tidak puas" dengan kinerja Trump di Gedung Putih. 

Minggu pagi, beberapa jam setelah polling tersebut dirilis, Trump menuliskan di laman Twitter-nya bahwa, "Polling ABC News/Washington Post, walau hampir 40 persen, itu tidaklah buruk di masa sekarang. Tapi itu merupakan jajak pendapat paling tidak akurat."

Saat kampanye pilpres 2016, jajak pendapat ABC News/Washington Post menunjukkan 47 persen untuk Hillary Clinton dan 43 persen Trump.

Dalam survei terbaru, ABC News/The Washington Post bertanya kepada responden, mengenai apakah pertemuan antara Trump Junior, Jared Kushner dan tim kampanye Paul Manafort dengan pihak Rusia untuk merusak kampanye Clinton merupakan hal pantas atau tidak. 

Hanya 26 persen yang menyatakan pantas, sementara 63 persen lainnya tidak. Ditambah lagi, 60 persen responden meyakini Rusia berusaha ikut campur dalam pilpres AS 2016, sementara 31 persen lainnya tidak. Sebanyak 14 persen meyakini Trump tidak mendapat keuntungan apapun dari Moskow. 

Survei terbaru dilakukan pada 10 sampai 13 Juli 2017 teradap 1.001 orang dewasa acak dengan margin kesalahan 3,5 persen. (Ratu Tiara Sari)



(WIL)