Jurnalis Meksiko Ditembak Mati di Depan Keluarganya

Willy Haryono    •    Senin, 20 Mar 2017 09:47 WIB
geng meksiko
Jurnalis Meksiko Ditembak Mati di Depan Keluarganya
Seorang jurnalis memegang foto Ricardo Monlui Cabrera yang ditembak mati di Veracruz, Meksiko, 19 Maret 2017. (Foto: AFP/IVAN SANCHEZ)

Metrotvnews.com, Veracruz: Seorang jurnalis ditembak mati saat meninggalkan sebuah restoran bersama istri dan anaknya di Veracruz, salah satu negara bagian di Meksiko yang berbahaya bagi awak media. 

Korban tewas diidentifikasi sebagai Ricardo Monlui Cabrera. "Tidak ada anggota keluarga korban yang terluka," kata Jorge Morales, kepala eksekutif Komisi Perlindungan Jurnalis kepada AFP, Minggu 19 Maret 2017. 

Grup pelindung profesi jurnalis dibentuk di Meksiko pada 2012, setelah sembilan awak media di Veracruz dibunuh dalam sejumlah kasus terpisah. 

Monlui adalah editor surat kabar bisnis lokal, El Politico, yang biasa menulis kolum mengenai politik dan industri tebu. 

Seorang sumber yang dekat dengan kantor jaksa lokal mengatakan Monlui dan keluarganya diundang sarapan ke sebuah restoran ternama di kota Yanga. Saat mereka hendak pulang, sebuah mobil datang dan dua orang di dalamnya menembakkan senjata api. 

Kelompok Reporters Without Borders melaporkan pada Februari bahwa Meksiko saat ini adalah salah satu negara paling berbahaya di Amerika Latin untuk jurnalis. Sebanyak 99 jurnalis di Meksiko tewas dibunuh sejak 2000 hingga 2016. 

Veracruz, dengan total kematian jurnalis di angka 19, disebut-sebut sebagai area paling berbahaya. 

Sebelum Monlui, jurnalis Meksiko yang tewas dibunuh adalah Cecilio Pineda. Ia ditembak mati di Guerrero saat sedang bersantai di tempat tidur gantung. 

Dalam aksi kekerasan lain di Veracruz, lima polisi dan tiga warga sipil tewas dalam baku tembak dengan kelompok bersenjata yang memburu wali kota dari sebuah kota tempat ditemukannya kuburan massal berisi ratusan jasad manusia.


(WIL)