Alasan Trump Ancam Penutupan Pemerintah September Mendatang

Angga Bratadharma    •    Senin, 30 Apr 2018 18:43 WIB
amerika serikatdonald trump
Alasan Trump Ancam Penutupan Pemerintah September Mendatang
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam menutup operasional pemerintah pada September 2018 jika Kongres tidak memberikan lebih banyak dana untuk membangun tembok di perbatasan dengan Meksiko.

"Dinding itu telah dimulai, kita memiliki 1,6 miliar (dolar). Kami datang lagi pada 28 September dan jika kami tidak mendapatkan keamanan perbatasan, kami tidak punya pilihan. Kami akan menutup negara itu karena kami memerlukan keamanan perbatasan," kata Trump, di Washington, Michigan, seperti dikutip dari CNBC, Senin, 30 April 2018.

Trump membuat ancaman serupa pada Maret untuk mendorong perubahan dalam hukum imigrasi yang Trump nilai mencegah para penjahat memasuki negara itu. Pemerintah secara singkat tutup pada Januari atas kasus imigrasi.

Sebuah RUU Pengeluaran USD1,3 triliun, yang ditandatangani Trump bulan lalu, akan membuat pemerintah didanai hingga akhir September. Penghentian pemerintah menjelang pemilihan pertengahan November tidak mungkin didukung oleh rekan-rekan Republikannya yang tertarik untuk tetap mengendalikan Kongres AS.

Trump mengutip ratusan migran Amerika Tengah yang bepergian dengan karavan sebagai salah satu alasan keamanan perbatasan yang kuat. "Awasi. Saksikan betapa menyedihkan dan mengerikannya, termasuk bagi orang-orang itu dan kejahatan yang mereka timpakan pada diri mereka sendiri dan yang ditimbulkan orang lain pada mereka," kata Trump.

"Ini adalah perjalanan berbahaya yang mengerikan bagi mereka dan mereka datang karena mereka tahu begitu mereka bisa tiba di sini, mereka bisa berjalan ke negara kita," ujarnya.

Migran, yang termasuk wanita dan anak-anak, mengatakan mereka meninggalkan rumah mereka di Guatemala, El Salvador dan Honduras karena ancaman kematian dari geng, pembunuhan anggota keluarga atau penganiayaan politik.



(WIL)