Trump Tuduh China Tidak Berbuat Apa-Apa dalam Hentikan Korut

Willy Haryono    •    Minggu, 30 Jul 2017 11:21 WIB
nuklir korea utarapemerintahan as
Trump Tuduh China Tidak Berbuat Apa-Apa dalam Hentikan Korut
Presiden AS Donald Trump. (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali melancarkan serangkaian serangan kata-kata terhadap China via Twitter.

Kali ini, ia menuduh Negeri Tirai Bambu "tidak melakukan apa-apa" dalam membantu AS menghentikan program nuklir dan misil balistik Korea Utara, 

"Saya sangat kecewa terhadap China," tulis Trump. "Beberapa pemimpin bodoh kita di masa lalu telah mengizinkan China meraup keuntungan ratusan miliar dolar dari perdagangan. Tapi China tidak berbuat apa-apa untuk kita terkait Korea Utara," lanjut dia. 

"Kami tidak akan membiarkan hal ini berlanjut. China seharusnya dapat menyelesaikan masalah ini dengan mudah," ungkap Trump, seperti dikutip Guardian, Sabtu 29 Juli 2017 

Pernyataan Trump muncul setelah pemimpin Korut Kim Jong-un merayakan uji coba peluncuran misil antarbenua (ICBM) pada Jumat. Kantor berita nasional Korut menyebut peluncuran itu sebagai peringatan untuk "imperialis mirip binatang seperti AS."

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson menuding Rusia dan China berperan sebagai "pendukung ekonomi prinsipil" bagi Korut. Tillerson menilai kedua negara tersebut memiliki tanggung jawab unik dan khusus atas program nuklir Pyongyang. 

"Saya rasa tweet dari Trump ini hanya gertakan. Tapi pemerintah China harus menanggapi ini dengan serius," tutur Li Yonghui, pakar hubungan internasional dari Universitas Bahasa Asing Beijing. 

Li berharap rencana kunjungan Trump ke China tahun ini tetap terjadi, meski adanya ketegangan antara Washington dengan Beijing.

Namun, menurut dia, China kini harus bersiap menghadapi "langkah-langkah tidak menyenangkan di masa mendatang" dari Gedung Putih.

 


(WIL)