Trump Tunjuk Mantan Asisten Jaksa Agung Pimpin FBI

Whisnu Mardiansyah    •    Kamis, 08 Jun 2017 07:03 WIB
amerika serikat
Trump Tunjuk Mantan Asisten Jaksa Agung Pimpin FBI
Donald Trump/AP/John Minchillo

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump akhirnya mengumumkan Direktur FBI yang baru, Rabu 7 Juni 2017. Christopher A. Wray, mantan Asisten Jaksa Agung di era Presiden George W. Bush lah nama yang dipublikasikan melalui akun Twitter resminya.

Seperti dilansir laman website New York Times, pengumuman diberikan tanpa pemberitahuan ke kongres. Sejatinya, Kongres Amerika Serikat akan menggelar sidang kesaksian mantan Direktur FBI sebelumnya James B. Comey yang dipecat Trump bulan lalu. Comey akan memberikan kesaksian terkait Trump yang telah menekannya.

Beberapa jam setelah postingan Twitternya, Geudng Putih mengeluarkan pernyataan resmi Trump telah menaggil Wray ke kantormya.

Wray disebut individu berkualitas karea perannya dalam penyelidikan dan upaya antiterorisme di Departemen Kehakiman AS pascaserangan 9/11.

"Saya yakin dia akan kembali mengabdi untuk negaranya sebagai penjaga hukum dan berintegritas setalah senat mengonfirmasinya untuk memimpin FBI," tulis Trump dalam pernyataannya.

Pemilihan Wray dinilai upaya untuk meningkatkan kembali kredibilitas Trump setelah investigasi kemungkinan hubungannya dengan Rusia.

Christopher Wray adalah seorang mantan Asisten Jaksa Agung yang mengawasi divisi kriminal di bawah Presiden George W. Bush. Wray akan menghilangkan ketakutan para agen FBI yang khawatir Trump akan mempolitisasinya.

Wray pernah memimpin divisi kriminal Departemen Kehakiman dari 2003 sampai 2005 di era Presiden Bush. Saat ini, ia menajdi mitra di firma hukum King and Spalding yang berbasis di DC. Ia memimpin tim khusus investigasi perusahaan.


(OJE)