Mantan Presiden Panama Ditangkap di Miami

Willy Haryono    •    Selasa, 13 Jun 2017 15:12 WIB
panama city
Mantan Presiden Panama Ditangkap di Miami
Mantan Presiden Panama Ricardo Martinelli berpose dalam pertandingan sepakbola di Chicago, AS, 10 Juni 2016. (Foto: AFP/STR)

Metrotvnews.com, Miami: Mantan Presiden Panama Ricardo Martinelli -- yang dituduh negaranya melakukan korupsi dan memata-matai beberapa rival politik -- ditangkap di kediamannya di dekat Miami, Amerika Serikat, Senin 12 Juni 2017 malam waktu setempat. 

Kantor berita Miami Herald melaporkan bahwa Martinelli, yang ditangkap di rumahnya di Coral Gables di selatan Miami, ditahan di penjara federal dan akan diekstradisi ke Panama. 

Masih menurut Miami Herald, Martinelli akan hadir di pengadilan lokal pada Selasa 13 Juni pagi waktu lokal. 

Mahkamah Agung Panama memerintahkan penangkapan Martinelli pada 2015 atas tuduhan dirinya menggunakan dana publik untuk menyadap sambungan telepon dan meretas surat elektronik lebih dari 150 rival politik. 

Ia membantah semua tuduhan, dan menilainya bermuatan politik. Dikenal sebagai pengusaha supermarket, Martinelli menjadi presiden dari 2009 hingga 2014. 

Panama telah menyampaikan permohonan ekstradisi Martinelli ke AS tahun lalu. Kepolisian internasional atau Interpol juga telah mengeluarkan "red notice" atas permintaan Panama. 

Menurut Transparency International, otoritas Panama telah membuka sekitar 200 investigasi terkait pemerintahan Martinelli. 

Berbagai tuduhan itu di antaranya menyebut Martinelli menggelapkan USD45 juta dari program makan siang sekolah di Panama. Terdapat pula tuduhan dirinya melakukan pemerasan, menerima suap, menyalahgunakan anggaran negara dan wewenang sebagai presiden. 

Martinelli tinggal di Miami sejak Januari 2015, setelah dirinya meninggalkan Panama beberapa hari sebelum Mahkamah Agung meluncurkan investigasi kasus korupsi.
(WIL)