Polisi Amankan Benda Diduga Bom Berbentuk Panci di New York

Willy Haryono    •    Minggu, 18 Sep 2016 14:19 WIB
ledakan new york
Polisi Amankan Benda Diduga Bom Berbentuk Panci di New York
Benda mencurigakan diduga bom berbentuk panci pressure-cooker diamankan kepolisian New York, 17 September 2016. (Foto: CNN)

Metrotvnews.com, New York: Kepolisian New York (NYPD) menemukan benda mencurigakan diduga bom berbentuk panci pressure-cooker yang diduga kuat berisi bahan peledak. 

Benda tersebut ditemukan di dekat lokasi ledakan yang mengguncang distrik Chelsea, Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS), Sabtu (17/9/2016) waktu setempat. 

Menurut keterangan NYPD, benda tersebut terlihat seperti panci pressure-cooker dengan kabel hitam menjulur dari bagian tutupnya. Panci ini juga terhubung dengan sebuah alat kecil yang ditempel dengan menggunakan selotip berwarna perak. 

Otoritas New York belum mengetahui material yang ada di dalam panci tersebut. Setelah mendatangkan tim penjinak bom, panci tersebut berhasil dievakuasi dari West 27th Street ke lokasi aman. 

"Paket mencurigakan di West 27th Street telah dipindahkan dengan aman oleh NYPD untuk dianalisis lebih jauh," ujar Asisten Komisioner Komunikasi dan Informasi Publik NYPD, J. Peter Donald, di akun Twitter, seperti dikutip The Guardian

Setelah memindahkan paket mencurigakan tersebut, polisi disebut-sebut sedang memeriksa lokasi ketiga yang diduga terkait dengan ledakan di Chelsea dan penemuan di West 27th Street. 


Petugas pemadam di lokasi bom New York. (Foto: Reuters)

Mirip Bom Boston

Panci pressure-cooker itu diduga kuat mirip dengan bom yang meledak dalam aksi terorisme dalam acara lari marathon di Boston pada 15 April 2013. Ledakan tersebut menewaskan tiga orang dan melukai 264 lainnya. 

Hingga saat ini penyebab ledakan di distrik Chelsea belum diketahui. Wali Kota New York Bill de Blasio menyebut ledakan di distrik Chelsea ini sebagai "aksi yang disengaja," namun tidak terkait dengan terorisme.

Chelsea adalah salah satu distrik paling terkenal di Manhattan, yang dikenal dengan deretan bar dan restoran padat pengunjung di akhir pekan. 

Dinas Pemadam Kebakaran New York menegaskan sebagian besar korban mengalami luka yang tidak membahayakan jiwa.

Ledakan di New York terjadi sebelas jam setelah sebuah bahan peledak tipe IED meledak di sebuah tong sampah di dekat rute lomba lari dalam acara amal di kota kecil di Jersey Shore.



(WIL)