Pesawat Jet Tempur Rusia Terbang di Langit Washington DC

Willy Haryono    •    Jumat, 11 Aug 2017 08:39 WIB
as-rusia
Pesawat Jet Tempur Rusia Terbang di Langit Washington DC
Pesawat jet tempur SU-25 milik Rusia. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Sebuah pesawat jet tempur milik Rusia yang tidak dilengkapi dengan persenjataan terbang di atas beberapa lokasi sensitif di Washington DC, Amerika Serikat.

Penerbangan tersebut dilakukan berdasarkan Perjanjian Langit Terbuka. Perjanjian ini memungkinkan para anggotanya melakukan penerbangan di atas beberapa fasilitas militer negara lain. 

Seorang sumber mengatakan kepada CNN, Kamis 10 Agustus 2017, bahwa personel militer AS berada di dalam pesawat tersebut. 

Gedung Capitol, Pentagon, CIA dan peristirahatan presiden di Camp David adalah beberapa situs yang dilewati jet tempur Rusia. Kelab golf milik Trump di Arlington juga menjadi salah satu yang dilalui. 

Beberapa sumber lain mengatakan kepada CNN jet Rusia juga akan mengunjungi kota Bedminster di New Jersey, di mana Trump saat ini sedang berlibur. 

Dalam menjalankan perjanjian Langit Terbuka antara 2002 dan 2016, AS menerbangkan dua kali lebih banyak pesawat dibanding Rusia. 

"Nilai utama dari perjanjian ini adalah membangun transparansi dan kepercayaan diri, bukan pengumpulan intelijen," tulis detail perjanjian. "Perjanjian ini juga menghindari adanya kejutan-kejutan."

Tujuan membangun ikatan dalam Perjanjian Langit Terbuka kontras dengan hubungan Washington dan Moskow saat ini, yang semakin menegang atas tuduhan intervensi pemilihan umum AS pada 2016. 

Sebuah konsensus dari beberapa agensi intelijen menyebut Rusia secara sengaja berusaha mengintervensi pemilu AS. Kongres AS pun menyepakati menjatuhkan serangkaian sanksi kepada Rusia.

Rusia merespons dengan geram, dan berencana mengusir lebih dari 700 diplomat AS dari Negeri Beruang Merah.



(WIL)