Tak Ada WNI jadi Korban Badai Irma

Sonya Michaella    •    Senin, 11 Sep 2017 08:09 WIB
topan badai
Tak Ada WNI jadi Korban Badai Irma
Pohon tumbang di salah satu sudut jalan di Florida akibat hantaman Badai Irma. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badai Irma mulai menerjang daratan Amerika Serikat (AS). Bahkan, Presiden AS Donald Trump memperingatkan masyarakat di Florida untuk segera menyingkir.

Status darurat dan larangan keluar rumah diberlakukan di pantai Miami. Lebih dari enam juta orang telah diperintahkan untuk meninggalkan area tersebut.

Terkait dengan Badai Irma yang akan melanda Florida dan Georgia sekitar 10-12 September, maka sejak 5 September, KJRI Houston telah mengantisipasi dengan membangun kontak intensif dengan simpul-simpul WNI di Florida dan Georgia.

"Sejauh ini tidak ada WNI yang dilaporkan menjadi korban Badai Irma yang melanda Karibia sejak 7 sampai 9 September 2017. Tujuh WNI di Puerto Riko dan lima WNI di Kepulauan Virgin sudah berhasil dihubungi oleh KJRI Houston dan mereka dalam keadaan selamat," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhamad Iqbal dalam keterangan tertulisnya kepada Metrotvnews.com, Senin 11 September 2017.

"Sementara itu, tujuh WNI yang bekerja sebagai Spa Therapyst asal Bali di British Virgin Island (BVI)  sudah berhasil dihubungi Kemlu dan mereka dalam keadaan selamat," lanjut dia.

Meskipun demikian, kondisi rumah dan tempat kerja mereka mengalami kerusakan berat. Kemlu telah berkoordinasi dengan KBRI London, Havana dan Caracas untuk memantau situasi mereka dan memberikan bantuan yang diperlukan.

KJRI Houstoun juga sudah membentuk grup sosial media dengan simpul-simpul masyarakat untuk memudahkan komunikasi.

"KJRI Houston juga telah menunjuk officer on duty selama 24 jam hingga 12 September mendatang untuk mengantisipasi adanya WNI yang membutuhkan bantuan KJRI," tutur Iqbal.

Berdasarkan data Kemlu, terdapat 3.144 WNI di Georgia. Sementara di Florida terdapat 2.595 WNI, termasuk puluhan WNI yang sedang magang di hotel-hotel di Miami. 

 


(WIL)