Badai Irma Pergi, Badai Jose Menghantui Karibia

Marcheilla Ariesta    •    Sabtu, 09 Sep 2017 11:48 WIB
topan badai
Badai Irma Pergi, Badai Jose Menghantui Karibia
Badai Irma menghancurkan sejumlah pulau di Karibia, Kamis (7/9/2017). Foto-foto: AFP

Metrotvnews.com, Barbuda: Baru beberapa hari dihantam badai Kategori 5, Irma, kini Kepulauan Karibia dibayangi ancaman badai dengan kategori sama, badai Jose. Pejabat lokal menyebutkan badai Jose diperkirakan menghantam pulau-pulau kecil Sabtu pagi, 9 September, waktu setempat.

Pusat Badai Nasional mengindikasikan badai Jose memiliki kecepatan angin mendekati 155 mil per jam dengan beberapa embusan lebih besar lagi.

"Saat ini masih dalam kategori empat, namun bisa naik menjadi kategori lima lantaran beberapa fluktuasi intensitas naik dan turun. Bisa terjadi dalam semalam dan akan menyerang Sabtu pagi ini," demikian pejabat Pusat Badai Nasional menyatakan, seperti dikutip dari laman Washington Post.

Peringatan badai berlaku untuk wilayah Barbuda, Anguila, St.Martin dan St.Barthelemy. Seruan antisipasi badai juga berlaku untuk pulau Antigua.

Pengumuman mengejutkan tersebut muncul saat personel militer dan responden darurat Amerika Serikat dan Eropa datang membantu pulau yang mengalami kerusakan akibat badai Irma.

Salah satu pulau yang mengalami dampak paling parah adalah pulau Barbuda. Pihak berwenang telah mengevakuasi sisa 1.600 warga ke tempat penampungan darurat dekat Antigua.

Saat ini, Barbuda menjadi seperti pulau hantu dengan banyak bangunan yang rusak dan pohon tumbang.

Baca: Badai Irma Mulai Memberikan Ancaman kepada Kuba

Presiden Palang Merah di Antigua dan Barbuda Michael Joseph mengatakan wilayah tersebut hancur dan saat ini tak layak huni.

"Barbuda tidak bisa dihuni. Saya benar-benar mengatakan bahwa 100% infrastruktur di wilayah ini hilang. Listrik, air, dan komunikasi, semua mati total," kata Joseph.

Meski hancur total, korban tewas di Barbuda dilaporkan hanya satu orang, yaitu bocah laki-laki berusia 2 tahun bernama Carl Junior Francis. Sementara total korban luka akibat badai Irma yang menghantam Karibia dilaporkan sebanyak 20 jiwa.




(UWA)

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

9 hours Ago

Jika Pemerintah Myanmar ternyata tidak konkret dalam menjalankan usulan Pemerintah Indonesia, pihaknya…

BERITA LAINNYA