AS Diharapkan Tetap Berada di Dewan HAM PBB

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 20 Jun 2018 10:15 WIB
amerika serikatpbb
AS Diharapkan Tetap Berada di Dewan HAM PBB
Situasi di Dewan HAM PBB. (Foto: EPA).

New York: Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berharap agar Amerika Serikat (AS) tetap menjadi anggota Dewan Hak Asasi Manusia (HAM). Pernyataan ini disampaikan juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Stephane Dujarric.

"Sekretaris Jenderal lebih senang jika Amerika Serikat (AS) tetap berada di Dewan Hak Asasi Manusia," ucap Dujarric dalam sebuah pernyataan, New York, Rabu 20 Juni 2018.

Dia menambahkan bahwa di dalam tubuh Dewan HAM PBB, dimainkan peran penting untuk mempromosikan dan melindungi hak asasi manusia di seluruh dunia.

AS memilih untuk mundur dari Dewan HAM PBB. Washington menilai lembaga tersebut tidak becus dalam memperjuangkan HAM.

"Kami harus jujur bahwa Dewan HAM PBB adalah pembela hak asasi manusia yang buruk. Kinerja mereka buruk," kata Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

"Lebih buruk lagi, mereka terus menjalankan kemunafikan mereka dan tidak tahu malu. Banyak pelanggaran HAM di dunia diabaikan dan para pelakunya duduk di Dewan HAM itu sendiri," lanjut dia.

Pompeo menegaskan pemerintahan Presiden Donald Trump berkomitmen untuk melindungi dan mempromosikan perlindungan dan kebebasan HAM. Bahkan, Duta Besar AS untuk PBB Nikky Haley telah berusaha mereformasi Dewan HAM lebih dari satu tahun, namun tidak ada perubahan.


(WIL)