Panggilan Sayang Trump untuk Kim Jong-un

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 25 Apr 2018 09:29 WIB
kim jong-undonald trump
Panggilan Sayang Trump untuk Kim Jong-un
Donald Trump (kiri), Kim Jong-un (kanan). (Foto: AFP).

Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan melakukan pertemuan dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Menjelang pertemuan yang akan dilakukan akhir Mei atau awal Juni, hubungan keduanya semakin mesra.

Jika dulu Trump mengatakan Kim Jong-un adalah 'anak kecil yang suka main roket', kini dia mengganti panggilan tersebut dengan 'yang sangat terhormat Kim Jong-un'. Kim juga semakin melunak pada AS dengan bantuan Korea Selatan (Korsel).

"Kami memiliki diskusi yang sangat baik hingga saat ini. Dan pertemuan akan berlangsung sesegera mungkin," kata Trump.

"Yang terhormat Kim Jong-un, dia benar-benar sangat terbuka dan saya berpikir sangat terhormat dia mau melakukan pembicaraan ini," imbuhnya, seperti dilansir dari laman Asian Correspondent, Rabu 25 April 2018.

Meski demikian, Trump tetap mengatakan upaya tekanan maksimum masih akan terus berlanjut hingga Pyongyang benar-benar menghapus program nuklirnya.

Trump mengaku dia hanya ingin agar Korut menyingkirkan program nuklir mereka. Dia tidak ingin mengklaim kemenangan atas terjadinya diskusi yang paling dinanti-nantikan kedua pemimpin ini.

Sementara itu, sebelum berjumpa dengan Trump, Kim akan menemui Presiden Korea Selatan Moon Jae-in untuk mendamaikan kedua Korea. Pertemuan tersebut juga akan membahas komitmen Korut untuk denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Pertemuan akan dilakukan 27 April di zona demiliterisasi.


(FJR)