Kebakaran Hanguskan Ribuan Hektare Lahan di Colorado

Arpan Rahman    •    Minggu, 03 Jun 2018 16:14 WIB
kebakaran hutan
Kebakaran Hanguskan Ribuan Hektare Lahan di Colorado
Kebakaran melanda Colfax County, New Mexico, AS, Sabtu 2 Juni 2018. (Foto: National Weather Service IMET Operations/Twitter)

Colorado: Kebakaran hutan di Colorado dan New Mexico, Amerika Serikat, menghanguskan ribuan hektare lahan. Api yang mulai berkobar sejak Jumat hingga Sabtu 2 Juni 2018 tersebut juga menghanguskan sejumlah bangunan dan memicu evakuasi massal.

Seperti dikutip dari situs berita UPI, kebakaran di La Plata County membakar lahan seluas 1.100 hektare. Lebih dari 800 keluarga meninggalkan rumah mereka, dan 750 lainnya di wilayah lain diimbau untuk selalu waspada.

Api di Colorado, yang mulai muncul di Durango pada Jumat pagi, semakin meluas akibat kencangnya embusan angin. Di Colfax County, New Mexico, kebakaran di Taman Ute membakar lebih dari 27 ribu hektare. 

Lebih dari 450 personel berupaya mengendalikan kebakaran di Colfax, yang menghancurkan 14 bangunan dan merusak sedikitnya 300 rumah.

Perintah evakuasi wajib dikeluarkan bagi warga di kota Cimarron, di mana 296 bangunan berisiko terbakar.

Hutan Nasional Santa Fe tetap ditutup pada Sabtu, dan tidak akan dibuka kembali hingga kondisi kekeringan ekstrem di Coloradi membaik.

Penyebab pasti kebakaran di dua negara bagian tersebut masih diselidiki.


(WIL)