Obama: AS tak Akan Pernah Terima Korea Utara sebagai Negara Nuklir

Intan fauzi    •    Sabtu, 10 Sep 2016 04:04 WIB
nuklir
Obama: AS tak Akan Pernah Terima Korea Utara sebagai Negara Nuklir
Korut masih lanjutkan uji coba nuklir (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengutuk uji coba nuklir kelima yang dilakukan Korea Utara. Obama menilai hal itu merupakan ancaman serius bagi keamanan, kedamaian, dan stabilitas dunia internasional.

Ia pun berjanji akan membicarakan soal hukuman baru bersama negara-negara sahabat untuk Korea Utara. "Amerika Serikat menegaskan tidak pernah, dan tidak akan pernah menerima Korea Utara sebagai negara nuklir," kata Obama seperti dilansir dari Reuters, Jumat (9/9/2016).

Korea Utara melakukan tes nuklir pada Jumat bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-68 Korea Utara. Tes nuklir ini merupakan yang terbesar sehingga menimbulkan reaksi keras dari berbagai negara termasuk sekutu Korea Utara, yakni Tiongkok.

Baca: Korut Kembali Uji Coba Rudal Balistik Kapal Selam

Obama menambahkan, aksi negara yang dipimpin Kim Jong Un itu dapat memunculkan operasi militer yang belum pernah terjadi sebelunmnya. Obama pun mengaku telah berbicara dengan pemimpin Korea selatan dan Jepang untuk mengajak negara lain mengambil langkah konkret termasuk pemberian sanksi baru kepada Korea Utara.

Untuk diketahui, awal pekan ini 5 September 2016, Korea Utara juga meluncurkan tiga misil balistik ke arah perairan di lepas pantai timur di wilayahnya. Saat itu, pemimpi-pemimpin negara G-20 sedang melangsungkan kongres di China.

Baca: Jepang dan Korsel Konfirmasi Korut Lakukan Uji Nuklir


(DEN)

JK Kritisi PBB di Sidang Umum ke-71 PBB

JK Kritisi PBB di Sidang Umum ke-71 PBB

16 hours Ago

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan sejumlah kritik terhadap PBB termasuk saran untuk mereformasi…

BERITA LAINNYA