Erupsi Gunung Api Picu Evakuasi 10 Ribu Warga Hawaii

Fajar Nugraha    •    Jumat, 04 May 2018 11:55 WIB
gunung berapi
Erupsi Gunung Api Picu Evakuasi 10 Ribu Warga Hawaii
Erupsi Gunung Api Kilauea picu evakuasi warga Hawaii (Foto: AFP).

Hawaii: Lebih dari 10 ribu warga diminta untuk meninggalkan rumah mereka di Hawaii. Hal ini dipicu oleh erupsi Gunung Api Kilauea pada Kamis 3 Mei 2018.
 
"Departemen Pekerjaan Umum melaporkan adanya lahar dan uap panas yang keluar dari retakan di wilayah Leilani dan sekitar Jalan Mohala," ujar Badan Pertahanan Sipil Hawaii, seperti dikutip AFP, Jumat 4 Mei 2018.
 
Seorang pejabat setempat menyatakan evakuasi ini dilakukan secara sukarela oleh warga.
 
Otoritas Survei Geologi AS (USGS) dari unit Observatorium Gunung Api Hawaii, melakukan pengawasan dari darat maupun udara untuk melihat erupsi. Adapun erupsi itu dimulai sejak pukul 4.45 sore waktu setempat.
 
Pada pukul 10.30 pagi terjadi gempa bumi di selatan Gunung Api Puu Oo. Menurut USGS, getaran gempa memicu terjadi longsor batu dan runtuhnya kawah dari gunung tersebut.
 
"Debu vulkanik tampak memenuhi langit dan kemudian menghilang ke barat daya dari Gunung Puu Oo," sebut peneliti USGS.
 
Pihak berwenang mengatakan bahaya terkait dengan letusan yang sedang berlangsung. Erupsi ini dapat menghasilkan "konsentrasi gas belerang yang mematikan". Selain itu, di zona erupsi dapat juga terjadi ledakan metana yang dapat menggerakkan batu besar dan puing-puing di daerah hutan yang berdekatan.
 
Gubernur David Ige telah mengaktifkan pasukan Garda Nasional. Ige telah mengumumkan penduduk agar memperhatikan peringatan dari Dinas Pertahanan Sipil.
 


(FJR)