Menlu AS Kunjungi Korsel dan Tiongkok usai KTT Trump-Kim

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 08 Jun 2018 13:14 WIB
korea selatantiongkokAmerika Serikat-Korea Utara
Menlu AS Kunjungi Korsel dan Tiongkok usai KTT Trump-Kim
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo. (Foto: AFP).

Washington: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan akan mengunjungi Tiongkok dan Korea Selatan (Korsel). Kunjungan ini akan dilakukan usai pertemuan Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un.

Pompeo mengatakan akan bertemu dengan rekannya Menlu Korsel Kang Kyung-wha dan Menlu Jepang Taro Kono di di Seoul pada Rabu pekan depan. Selanjutnya, dia akan bertemu pejabat senior Tiongkok.

Dalam kunjungan ini Pompeo akan membahas mengenai hubungan penting dengan Korut.

Dilansir dari South China Morning Post, Jumat 8 Juni 2018, Pompeo dalam jumpa pers menyebutkan dia akan bertemu dengan mitranya untuk membahas kelanjutan hubungan dengan Pyongyang.

"Kunjungan ini akan menjadi perkembangan dan menggarisbawahi pentingnya menerapkan semua sanksi yang dikenakan pada Korea Utara," ucapnya.

Pompeo sendiri akan berada di Singapura pada Selasa mendatang. Dia menemani Trump untuk pertemuan bersejarah dengan pemimpin Korut tersebut.

Pompeo menekankan Trump tidak akan bertemu untuk keputusan buruk. "Denuklirisasi lengkap dan dapat diverifikasi dari Semenanjung Korea adalah satu-satunya hasil yang dapat kami terima," imbuh dia.

Sementara itu, Kim Jong-un dan Trump akan membahas mengenai asuransi keamanan yang akan diterima Korut jika melakukan denuklirisasi.

Pertemuan Trump dan Kim akan berlangsung di Singapura pada 12 Juni mendatang. Hotel Capella di Pulau Sentosa akan menjadi saksi pertemuan bersejarah ini.


(FJR)