Empat Orang Tewas dalam Penjarahan Makanan di Venezuela

Willy Haryono    •    Jumat, 12 Jan 2018 15:26 WIB
konflik venezuelavenezuela
Empat Orang Tewas dalam Penjarahan Makanan di Venezuela
Penjarahan sebuah supermarket di Maracay, Venezeula, 27 Juni 2017. (Foto: AFP/FEDERICO PARRA)

Arapuey: Empat orang tewas dan 15 lainnya terluka dalam kekerasan terkait penjarahan makanan di Venezuela. Ini merupakan imbas dari krisis makanan di Venezuela, negara kaya sumber daya minyak namun dilanda krisis ekonomi sejak beberapa bulan terakhir.

Ini menjadikan total kematian akibat penjarahan makanan di Venezuela sejak Desember lalu berada di angka enam orang. 

Di kota Arapuey, sejumlah orang menjarah pertokoan dan bentrok dengan personel militer. Carlos Paparoni, seorang anggota parlemen Venezuela, mengatakan sekitar 100 orang telah ditangkap akibat menjarah toko.

Gaby Arellano, seorang anggota parlemen lainnya, mengungkapkan bahwa Arapuey telah "dikuasai" prajurit dan polisi. Sejumlah pemilik toko dikabarkan melakukan apa yang mereka bisa untuk melindungi barang dagangan masing-masing. 

Venezuela berada di jurang krisis karena jatuhnya harga minyak, inflasi yang tak terkendali dan korupsi yang menggerogoti perekonomian negara. 

Dalam beberapa hari terakhir, penjarahan terjadi di berbagai kota kecil dan metropolitan di Venezuela. 

Seorang remaja berusia 19 tahun ditembak mati Rabu kemarin saat ratusan orang menjarah beberapa truk pengangkut terigu dan ayam di kota Guanare. 

Pada 31 Desember, seorang wanita muda yang juga berusia 19 tahun tewas ditembak di bagian kepala. Diduga penembak wanita tersebut adalah seorang prajurit.

Sejumlah universitas lokal mengatakan sekitar 30,2 persen warga Venezuela terancam jatuh miskin dan 51,5 persennya lebih berisiko lagi. Jumlah ini jauh berbeda dari versi pemerintah di angka 18,3 persen dan 4,4 persen.


(WIL)


Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

1 hour Ago

Para imigran itu ditampung usai otoritas AS mencabut dakwaan hukum atas tuduhan memasuki wilayah…

BERITA LAINNYA