Menambah Koneksi Internasional dengan Belajar di AS

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 21 Nov 2017 14:18 WIB
pendidikanindonesia-as
Menambah Koneksi Internasional dengan Belajar di AS
Ilustrasi: Metrotvnews.com

Jakarta: Merayakan Pekan Pendidikan Internasional (IEW), Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengajak para pelajar internasional untuk melanjutkan pendidikan di Negeri Paman Sam, tak terkecuali dari Indonesia.

Karenanya, mereka mengajak siswa dari beberapa sekolah di Indonesia untuk mendengarkan pengalaman belajar di AS dari para alumni.

Atase Kebudayaan Kedutaan Besar AS, Karen Schinnerer menyebutkan, tujuan pemerintahnya untuk mendorong para pelajar AS dan internasional mengenyam pendidikan di luar negeri. Menurut dia, banyak sekali keuntungan yang bisa didapat para pelajar yang kuliah di luar negeri.

"Tahun ini, pelajar internasional di Amerika Serikat mencapai lebih dari satu juta. Angka ini meningkat pesat dibanding tahun lalu," ujar Karen di Kedubes AS, Jakarta, Selasa 21 November 2017.

"Dengan belajar di luar negeri kita bisa mendapat banyak keuntungan, tak hanya ilmu, namun juga koneksi internasional," imbuh dia.

Karen menambahkan, hampir 9 ribu pelajar Indonesia melanjutkan pendidikan di AS. Sedangkan mahasiswa AS yang ke Indonesia meningkat hingga 11 persen.

Kedutaan Besar AS di Indonesia sendiri merayakan IEW melalui berbagai macam kegiatan, seperti program-program pendidikan di @america, kunjungan ke sekolah-sekolah SMA dan universitas.

Laporan dari pemerintah pusat, Indonesia mengirimkan 8.776 pelajar, yang mana angka ini terbesar dalam 13 tahun terakhir. Angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai peringkat ke-19 sebagai negara yang mahasiswanya paling banyak belajar di AS.

Hingga saat ini jurusan yang paling digemari pelajar di AS adalah teknik.


(FJR)