Kofi Annan akan Beri Penjelasan Soal Situasi Rakhine ke DK PBB

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 12 Oct 2017 14:12 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Kofi Annan akan Beri Penjelasan Soal Situasi Rakhine ke DK PBB
Mantan Sekjen PBB Kofi Annan akan beri penjelasan soal situasi Rakhine ke DK PBB (Foto: Willy Haryono/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, New York: Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) akan mengadakan pertemuan informal di Myanmar pada Jumat esok. Pertemuan tersebut untuk mendengarkan penjelasan Ketua Komite Penasihat Rakhine Kofi Annan mengenai situasi di negara bagian Rakhine.
 
Pejabat urusan politik utama PBB, Jeffrey Feltman yang akan melakukan kunjungan selama empat hari tersebut. Seorang pejabat PBB lainnya menuturkan Feltman akan mengadakan konsultasi dengan pemerintah Myanmar juga untuk membahas situasi di sana.
 
"Feltman akan mengadakan konsultasi dengan Myanmar untuk menangani masalah mendesak ini," ujar salah seorang pejabat PBB, seperti dikutip dari AFP, Kamis 12 Oktober 2017.
 
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan agar Myanmar mengakhiri kekerasan di Rakhine. Dia juga meminta agar dibukanya akses untuk kelompok bantuan mencapai desa-desa yang dirusak di sana.
 
Annan juga sudah mengeluarkan rekomendasi Komite Penasihat Rakhine kepada PBB dan pemerintah Myanmar. Dia menjadi ketua komite tersebut atas permintaan pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi.
 
Dalam laporan tersebut diserukan agar tindak kekerasan di Myanmar dihentikan.
 
Prancis dan Inggris juga meminta bertemu dengan Annan karena dewan menimbang langkah selanjutnya untuk menghadapi krisis pengungsi Rohingya di Bangladesh. Inggris telah mengerjakan rancangan resolusi DK PBB yang akan meminta kembalinya orang-orang Rakhine di Bangladesh.
 
Pertemuan Annan dan perwakilan DK PBB besok akan dilakukan tertutup. Hanya anggota dewan yang hadir bersama beberapa pejabat dan organisasi regional yang boleh ikut mendengarkan.



(FJR)