Ditangkap Polisi, Mantan Wapres Argentina Bantah Tuduhan Korupsi

Willy Haryono    •    Sabtu, 04 Nov 2017 12:13 WIB
politik argentina
Ditangkap Polisi, Mantan Wapres Argentina Bantah Tuduhan Korupsi
Mantan wapres Argentina Amado Boudou. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Buenos Aires: Kepolisian Argentina menangkap orang nomor dua dari pemerintahan mantan Presiden Cristina Fernandez atas dugaan korupsi. 

Amado Boudou adalah wakil presiden dan menteri ekonomi di kabinet Fernandez. Ia menghadapi tiga tuntutan atas "memperkaya diri lewat cara ilegal" dari sejumlah kegiatannya sejak 2009. 

Seperti dikutip BBC, Sabtu 4 November 2017, Boudou membantah semua tuduhan korupsi. Bulan lalu, mantan menteri perencanaan negara Argentina juga ditangkap atas dugaan korupsi. 

Tiga tuntutan yang dilayangkan ke Boudou merujuk pada aktivitas di tahun 2009. Ketika itu, ia dipromosikan dari kepala administrasi keamanan sosial menjadi menteri ekonomi. 

Ia kemudian diangkat lagi menjadi wakil presiden pada 2011 setelah Fernandez kembali terpilih. 

Sementara mantan Menteri Perencanaan Negeri Julio de Vido ditangkap pada 25 Oktober, tiga hari menjelang pemilihan umum sela. 

Fernandez juga menghadapi tuduhan korupsi, namun ia memiliki kekebalan hukum nsetelah terpilih menjadi senator dalam pemilu Oktober. Fernandez dituntut tahun lalu atas tuduhan bahwa ia dan sekretarisnya, Jose Lopez, menggelapkan dana proyek jalan raya. 

Lopez ditangkap tahun lalu, setelah ia tertangkap tangan mencoba menyembunyikan uang di sebuah biara Katolik.


(WIL)