PM Thailand akan Kunjungi Gedung Putih Selasa Pekan Depan

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 26 Sep 2017 10:18 WIB
politik thailandpemerintahan as
PM Thailand akan Kunjungi Gedung Putih Selasa Pekan Depan
PM Thailand Prayut Chan-O-Cha dalam konferensi pers di Phnom Penh, 7 September 2017. (Foto: AFP/TANG CHHIN SOTHY)

Metrotvnews.com, Washington: Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-O-Cha akan disambut Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump saat mengunjungi Gedung Putih. Kunjungannya akan dilaksanakan pada 3 Oktober mendatang.

Dikutip laman AFP, Selasa 26 September 2017, pertemuan keduanya disebut sebagai upaya meningkatkan hubungan dan kerja sama. Hubungan kedua negara menjadi kurang baik setelah kudeta yang dilakukan militer Thailand tiga tahun lalu. Prayut pernah bertemu mantan Presiden AS Barack Obama dalam pertemuan puncak ASEAN-AS di California, Februari lalu.

"Presiden Trump berharap dapat menegaskan kembali hubungan antara AS dan mitra kunci serta sekutu lama di Asia, Kerajaan Thailand," demikian dikutip dari pernyataan Gedung Putih.

Kunjungan Prayut ke Gedung Putih merupakan undangan dari Trump, yang meneleponnya April lalu. "Keduanya akan membahas cara memperkuat dan memperluas hubungan bilateral dan meningkatkan kerja sama di wilayah Indo-Pasifik," imbuh pernyataan tersebut.

Militer Thailand telah memenjarakan oposisi, melarang demonstrasi dan menggenjot penuntutan di bawah undang-undang kerajaan sejak berhasil menggulingkan pemerintahan Yingluck Shinawatra pada 2014.

Namun, para jenderal yang saat ini menjalankan pemerintahan Thailand -- yang adalah mantan sekutu AS -- tengah bergerak mendekati Tiongkok. 

Meski demikian, saat ini mereka tengah mencoba kembali bersekutu dengan AS di bawah pemerintahan Trump.


(WIL)