Kemlu: 7 WNI Korban Badai Irma di Karibia Segera Dievakuasi

Wahyu Dwi Anggoro    •    Kamis, 14 Sep 2017 18:27 WIB
perlindungan wni
Kemlu: 7 WNI Korban Badai Irma di Karibia Segera Dievakuasi
Badai Irma menerjang kawasan Karibia dan Amerika Serikat (AS) (Foto:AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Luar Negeri Indonesia terus berusaha mengevakuasi tujuh WNI yang saat ini berada di British Virgin Islands di kawasan Karibia yang baru-baru ini dilewati oleh Badai Irma.

"Tujuh WNI di pulau Tortilla di British Virgin Islands masih belum bisa dievakuasi. Kita berkomitmen untuk segera  bisa dievakuasi," kata Direktur Perlindungi WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI Lalu Muhammad Iqbal, Jakarta, Kamis 14 September 2017.

Ketujuh WNI diketahui bekerja sebagai pegawai spa di wilayah yang terkenal sebagai tujuan wisata tersebut. Para WNI telah berhasil melakukan komunikasi dengan pihak Kemlu RI. Mereka terakhir dilaporkan berada dalam kondisi yang baik.

Pihak Kemlu RI telah mengumpulkan informasi tentang situasi terakhir di British Virgin Islands. Mereka menginstruksikan perwakilan terdekat untuk menyiapkan rencana evakuasi. 

"Setidaknya 90 persen infrastuktur di British Virgin Islands dikabarkan rusak parah. Persedian air dan listrik juga terhenti," kata Iqbal.

"Kita meminta perwakilan yang dekat seperti KJRI Houston, KBRI Caracas dan KBRI Havana bersama cari solusi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dicari solusi," lanjutnya.

Sementara itu, Badai Irma tidak menyebabkan kerusakan besar di Negara Bagian Florida dan Georgia di Amerika Serikat (AS). Kekuatan badai tersebut tidak sebesar yang dikhawatirkan para ahli cuaca AS. Tidak ada korban WNI karena Badai Irma di Negeri Paman Sam tersebut.

"Akibat Badai Irma di Florida dan Georgia, tidak ada WNI yang jadi korban," tukasnya.


(WAH)