Trump Minta Warga Florida Menyingkir dari Terjangan Badai Irma

Willy Haryono    •    Minggu, 10 Sep 2017 10:28 WIB
topan badai
Trump Minta Warga Florida Menyingkir dari Terjangan Badai Irma
Badai Irma diperkirakan tiba di Florida pada Minggu 10 September 2017. (Foto: Sky News)

Metrotvnews.com, Florida: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingatkan masyarakat di jalur Badai Irma untuk segera "menyingkir" ke tempat aman. Badai dengan kategori 5 itu telah menerjang Karibia dan Kuba, dan terus bergerak ke arah Florida.

Irma diyakini akan semakin menguat saat mata badainya mendekati Florida Keys. Otoritas AS memperkirakan Irma akan tiba di Florida pada Minggu 10 September 2017 pagi waktu AS. 

Setelah mendarat, Irma dengan kecepatan angin 201 kilometer per jam akan bergerak ke seantero Florida dan menghantam bagian barat laut pada Senin 11 September. 

Status darurat dan larangan keluar rumah diberlakukan di pantai Miami. Lebih dari enam juta orang telah diperintahkan untuk meninggalkan area tersebut.


Polisi berpatroli di Miami menjelang kedatangan Badai Irma. (Foto: Sky News)

Beberapa area di Florida diperkirakan akan dilanda hujan deras dengan intensitas 46 hingga 64 sentimeter. Keseluruhan pantai barat AS berisiko dilanda badai dengan ketinggian gelombang hingga 4,6 meter. 

Berbicara di Kamp David, Trump berkata: (Badai Irma) ini adalah badai dengan kekuatan destruktif. Jadi saya meminta semua orang yang tinggal di jalur badai untuk mengikuti instruksi dan menyingkir dari sana."

"Properti bisa diganti, tapi nyawa tidak, dan keselamatan harus diutamakan," lanjut dia, seperti dikutip Sky News.

Gubernur Florida Rick Scott juga memberikan peringatan seiring semakin mendekatnya Irma. Ia meminta masyarakat untuk "agresif dalam melindungi keluarga masing-masing."

"Jika Anda diminta pergi, maka pergilah. Sekarang," tegas Scott. 

"Ini adalah kesempatan terakhir untuk membuat keputusan tepat. Evakuasi diberlakukan di seantero Florida. Jangan membahayakan Anda dan keluarga Anda," sambung dia.

 


(WIL)