Badai Irma Kini Bergerak ke Florida

Damar Iradat    •    Sabtu, 09 Sep 2017 02:42 WIB
badai
Badai Irma Kini Bergerak ke Florida
Ilustrasi. AFP/JOE RAEDLE/MARK RALSTON

Metrotvnews.com, Havana: Badai Irma telah melanda Kuba dan Bahama pada Jumat 8 September 2017 dan kini bergerak ke Florida setelah menghantam Karibia dengan tiupan angin kencang disertai hujan. Badai Irma merupakan salah satu badai Atlantik yang paling kuat dalam satu abad.

Badai tersebut menyebabkan 19 orang meninggal dan menyisakan kerusakan parah. Gubernur Florida Rick Scott pun mengeluarkan peringatan dan imbauan pada penduduk agar keluar dari zona-zona rawan.

"Jika anda berada di zona evakuasi, anda perlu pergi sekarang. Ini bencana besar yang tak pernah dialami negara kita,' kata Scott seperti dikutip dari Reuters, Sabtu 9 September 2017.

Pada Jumat pagi, Badai Irma berada 125 Km di sebelah Timur Laut pesisir Kuba dan 725 Km sebelah Tenggara Miami.

Meski badai kategori paling berbahaya tersebut telah turun skalanya dari kategori lima ke kategori empat pada Jumat pagi, namun  menurut Pusat Badai Nasional, badai tersebut masih membawa angin sekuat 240 Km per jam.

Atas bencana tersebut, sekolah-sekolah dan kegiatan bisnis ditutup. Ratusan ribu orang dievakuasi Transportasi kereta, bus dan layanan udara domestik di sekitar pulau tersebut dibatalkan. Bandara ditutup untuk kepentingan penerbangan internasional apabila kondisi tak memungkinkan.


(SCI)