Debat Cawapres AS 2016

Pengadilan Federal Kalahkan Pence Terkait Pengungsi Suriah

Arpan Rahman    •    Selasa, 04 Oct 2016 17:22 WIB
pemilu as
Pengadilan Federal Kalahkan Pence Terkait Pengungsi Suriah
Cawapres AS dari Partai Republik, Mike Pence. (Foto: AFP/WIN MCNAMEE)

Metrotvnews.com, Washington: Sebuah pengadilan federal Amerika Serikat (AS) berhasil menghalangi usaha Mike Pence, pendamping calon presiden Donald Trump, yang bertekad mencegah masuknya pengungsi asal Suriah ke negara bagian Indiana. 

Putusan dari tiga panel hakim di pengadilan US Courts of Appeals for the 7Th Circuit menyatakan bahwa "tidak ada indikasi Indiana adalah magnet bagi pengungsi Suriah."

Richard Posner, salah satu hakim, mengatakan bahwa, "tidak ada bukti teroris berpura-pura menjadi pengungsi dan juga tidak ada bukti bahwa imigran asal Suriah pernah melakukan aksi terorisme di AS."

Menurut Posner, anggapan bahwa ekstremis menyusup di kalangan pengungsi sebagai "spekulasi mengerikan."

Ia mengecam sikap Pence sebagai Gubernur Indiana yang menerapkan kebijakannya berdasarkan anggapan bahwa pengungsi asal Suriah itu berbahaya. 

"(Pence) berargumen bahwa kebijakannya menolak pengungsi Suriah tidak didasarkan atas kewarganegaraan, dan itu bukan suatu bentuk diskriminasi. Namun rencana penolakan itu diambil karena dia merasa mereka (pengungsi Suriah) merupakan ancaman bagi warga Indiana," ungkap Posner. 

"Itu sama saja seperti berkata bahwa dia ingin melarang orang kulit hitam masuk ke Indiana bukan karena warna kulit mereka, tapi karena dia takut terhadap mereka," sambung dia. 

Posner menambahkan pengungsi yang datang ke AS dari Suriah sudah melewati pemeriksaan berlapis oleh pemerintah federal

Putusan US Courts of Appeals for the 7Th Circuit merupakan kemenangan bagi Exodus, agensi swasta yang membantu kedatangan pengungsi Suriah ke AS. 

Pence dijadwalkan mengikuti debat cawapres melawan Tim Kaine asal Partai Demokrat pada Selasa 4 Oktober atau Rabu 5 Oktober waktu Indonesia. 


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA