PM Jepang Nilai Trump Bisa Memimpin Amerika

Sonya Michaella    •    Jumat, 18 Nov 2016 08:37 WIB
pemilu asas-jepang
PM Jepang Nilai Trump Bisa Memimpin Amerika
PM Jepang, Shinzo Abedan presiden terpilih AS, Donald Trump (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, New York: Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe mengatakan, ia memiliki kepercayaan yang besar kepada presiden Amerika Serikat (AS) terpilih, Donald Trump untuk dapat membangun sebuah hubungan baik.

Abe menggambarkan pertemuan selama 90 menit di Trump Tower, New York, sebagai pertemuan yang jujur dan sangat hangat.

"Kami mampu berbicara dengan sangat jujur dan dalam suasana yang hangat. Tanpa kepercayaan, kedua negara aliansi tak akan berfungsi di masa depan," ucap Abe, seperti dikutip BBC, Jumat (18/11/2016).

Abe menambahkan, bahwa Trump adalah seorang yang bisa memimpin Amerika. Ia juga memberikan beberapa rincian dari pertemuan tersebut, termasuk keduanya sepakat untuk bertemu lagi untuk pembicaraan lebih dalam terkait isu yang lebih luas.

Dalam pertemuan dengan Abe, diungkapkan pula bahwa Trump mendukung Jepang dan Korea Selatan untuk melawan ancaman dari nuklir Korea Utara.

Semasa kampanye, Trump menegaskan Jepang harus membayar lebih banyak biaya untuk penyiagaan pasukan AS di Negeri Sakura. Trump juga mengisyaratkan Jepang seharusnya memiliki senjata nuklir agar tidak terlalu tergantung pada AS. 

Meski Trump menyangkal pernah berkata seperti itu, kepercayaan Jepang kepada pemerintahan baru AS belum sepenuhnya pulih. Pertemuan ini dilakukan agar hubungan baik AS dan Jepang tetap solid.

Pertemuan ini adalah pertemuan perdana pasca Trump terpilih sebagai presiden AS pada 8 November kemarin, mengalahkan Hillary Clinton.


(FJR)