PM Jepang Buka Lembaran Baru dengan Kuba

Willy Haryono    •    Jumat, 23 Sep 2016 11:01 WIB
politik jepang
PM Jepang Buka Lembaran Baru dengan Kuba
PM Jepang Shinzo Abe (kiri) berdiskusi dengan mantan Presiden Kuba Fidel Castro di Havana, 22 September 2016. (Foto: AFP/ALEX CASTRO)

Metrotvnews.com, Havana: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tiba di Kuba, Kamis (22/9/2016), untuk "membuka lembaran baru" dalam hubungan kedua negara. Ini merupakan kunjungan pertama kepala negara Jepang ke Kuba.

Abe bertemu Presiden Kuba Raul Castro, dalam kunjungan yang dilakukan Tokyo seiring membaiknya hubungan Amerika Serikat (AS) dengan Havana tahun lalu. 

"Saya berharap kedatangan saya ke sini menjadi sebuah peluang untuk membuka lembaran baru dalam hubungan persahabatan kedua negara," tutur Abe dalam wawancara yang dirilis surat kabar Granma

Dia juga bertemu kakak Raul yang merupakan mantan pemimpin Kuba, Fidel Castro, untuk membicarakan proliferasi nuklir. 

Kedua pria "mendiskusikan pentingnya memperkuat upaya mengeliminasi senjata nuklir dan menjaga perdamaian," ujar pernyataan resmi pemerintah kuba di televisi lokal.

Kuba adalah satu dari sedikit negara yang menjalin hubungan dengan Korea Utara. Ambisi senjata nuklir Korut dianggap Jepang sebagai ancaman keamanan terbesar saat ini. 

Selain mengenai nuklir, Abe menyerukan adanya "dialog terbuka" untuk menstimulasi sektor perdagangan, investasi, kerja sama pengembangan dan pariwisata. 

Kepala dari negara dengan perekonomian ketiga terbesar itu disambut dengan penghormatan militer di Istana Revolusi di Havana. Setelah berdialog dengan Castro, Abe meletakkan karangan bunga di monumen pahlawan Kuba, Jose Marti. 

Jepang merupakan mitra dagang kedua terbesar Kuba antara tahun 1970 hingga 1985. Namun hubungan itu memburuk setelah perekonomian Kuba anjlok sebagai imbas dari pecahnya Uni Soviet pada awal 1990-an.


(WIL)