Pelaku Serangan New York Warga Negara Uzbekistan

Sonya Michaella    •    Rabu, 01 Nov 2017 09:18 WIB
amerika serikatpenyerangan
Pelaku Serangan New York Warga Negara Uzbekistan
Mobil pikap yang digunakan Sayfullo Saipov yang menewaskan 8 orang di Manhattan, New York. (Foto:AFP)

Metrotvnews.com, New York: Pelaku serangan truk ke arah pejalan kaki di Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS) diketahui berkebangsaan Uzbekistan.

Pelaku bernama Sayfullo Saipov, berusia 29 tahun, yang datang ke AS pada 2010 silam. Menurut laporan, ia menyewa mobil sekitar satu jam sebelum melancarkan serangan.

"Saipov memiliki SIM Florida namun kemungkinan besar ia sudah menetap di New Jersey," kata polisi New York, dikutip dari AFP, Rabu 1 November 2017.

Usai melakukan serangan, Saipov berhasil dilumpuhkan oleh polisi. Saat ini dirinya sudah dilarikan ke rumah sakit dan mendapatkan perawatan serius. 

Teror terjadi ketika sebuah truk dikendarai di jalur sepeda West Side Highway, dekat World Trade Center, dan menghantam sejumlah orang di jalur sepeda dan pejalan kaki.

Delapan orang tewas akibat serangan itu, sementara 11 lainnya luka-luka. Presiden AS Donald Trump menyebutnya ulah teroris, namun Gubernur New York Andrew Cuomo mengatakan pelaku serangan beraksi sendirian.

Hingga saat ini, belum ada kelompok teroris yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ini.

Kendati demikian, usai serangan terjadi, perayaan Halloween di Manhattan tetap dilaksanakan. Cuomo dan Wali Kota Bill de Blasio tampak berjalan bersama warga dalam Parade Halloween New York City.





(FJR)